STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta Sepakati Kerjasama dengan RSU ‘Aisyiyah Ponorogo

STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta kembali sepakati kerjasama dengan amal usaha kesehatan ‘Aisyiyah. Kali ini dengan Rumah Sakit Umum ‘Aisyiyah Ponorogo, yang merupakan satu-satunya Rumah Sakit Umum ‘Aisyiyah di Indonesia.

Menurut Ketua STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta, Warsiti, S.Kp., M.Kep., Sp.Mat, dalam  sambutannya saat menerima kunjungan dari RSU ‘Aisyiyah Ponorogo, Kamis (2/20) di ruang pertemuan, menyatakan bahwa kerjasama ini merupakan tindak lanajut dari Rapat Koordinasi Gabungan Amal Usaha Kesehatan ‘Aisyiyah dan Amal usaha pendidikan kesehatan ‘Aisyiyah yang dilakukan 2011 lalu dan beberapa waktu yang lalu STIKES ‘Aisyiyah juga telah melaksanakan pelatihan Clinical Insturucture (CI) di RSU ‘Aisyiyah Ponorogo.  Penandatangan naskah kerjasama ini harapannya hubungan yang terjalin akan lebih meluas tidak hanya Tridarma Perguruan Tinggi saja yang pada akhirnya akan memberikan manfaat untuk kedua belah pihak.

Dalam kesempatan tersebut Direktur RSU ‘Aisyiyah Ponorogo, Dr. Hj. Rini Krisnawati, MARS menjelaskan bahwa yang perlu segera ditindaklanjuti adalah action dari kerjasama ini, karena sinergi antara amal usaha kesehatan dan amal usaha pendidikan ‘Aisyiyah merupakan salah satu cara untuk memperluas jaringan kerjasama.

Tujuan kerjasama yang tercantum dalam nasakah kerjasama yaitu meningkatkan penyelenggaraan pendidikan calon tenaga kesehatan dengan program yang berorientasi kepada masyarakat serta meningkatkan penelitian dan pengabdian masyarakat, meningkatkan pengetahuan , ketrampilan dan pengabdian para calon tenaga kesehatan dan lulusan dari mahasiswa STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta, meningkatkan pemeratan dan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Rumah Sakit, penelitian yang bermanfaat bagi peningkatan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat, meningkatkan penyelenggaraan pendidikan kesehatan yang berorientasi pada IPTEK dan IMTAQ, menunjang dan meningkatkan pelaksanaan program-program kesehatan pada umumnya dan meningkatkan penyelenggaraan praktik klinik/profesi, pendidikan, penelitian dan pemberdayaan lulusan bagi mahsiswa dan lulusan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Ruang lingkup kerjasama ini meliputi pemanfaatan Rumah Sakit dan fasilitas kesehatan di Rumah Sakit sebagai tempat praktik klinik/profesi utama bagi mahasiswa, tempat penelitian mahasiswa, dosen serta bentuk kerjasama lainnya. Pemanfaatan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta sebagai pusat pengembangan ilmu dan teknologi kebidanan, keperawatan dan fisioterapi bagi peningkatan upaya kesehatan masyarakat. Pemanfaatan Rumah Sakit sebagai tempat pemberdayaan lulusan bidang keperawatan, kebidanan dan fisioterapi.