Berganti Nama, UNISAYOGYA Gelar Wisuda Pertama

Universitas ‘Áisyiyah Yogyakarta (UNISAYOGYA) untuk pertama kalinya menggelar wisuda selepas berganti nama dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Áisyiyah Yogyakarta, Kamis (31/3). Ada 171 lulusan yang ikut dalam wisuda tahun Akademik 2015/2016 ini.

Wisudawan tersebut terdiri atas 34 lulusan dari Program Studi (Prodi) Pasca Sarjana (S2) Kebidanan, 62 orang dari Prodi Kebidanan Diploma III, 35 orang dari Prodi Bidan Pendidik Diploma IV, 16 orang dari Prodi Ilmu Keperawatan S1, serta 24 orang dari Prodi Fisioterapi S1. ”Wisuda tahun ini semakin spesial karena wisuda kami yang pertama kali untuk Prodi Pasca Sarjana S2 Kebidanan, ujar Rektor UNISAYOGYA, Warsiti, S.Kp.,M. Kep.,Sp.Mat, dalam sambutannya saat acara wisuda di Kampus Terpadu UNISAYOGYA.

Kegiatan tersebut berlangsung selepas perubahan STIKES Áisyiyah menjadi UNISA berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 109/KPT/I/2016 tertanggal 10 Maret 2016. Dengan wisuda kali ini, total alumnus mencapai 8.871 orang.

Warsiti berpesan kepada para wisudawan untuk tidak sekedar memiliki kompetensi sesuai dengan profesi. Melainkan juga diharapkan bisa menjadi panutan, sekaligus sebagai kader persyarikatan Muhammadiyah ‘Aisyiyah yang mengemban amanah dakwah amar ma’ruf nahi munkar melalui profesi kesehatan. ”Jumlah yang sudah cukup besar ini semoga akan semakin memperkuat kemajuan UNISAYOGYA, kata dia.

Khusus untuk wisudawan Sarjana Keperawatan dan Sarjana Fisioterapi, masih harus mengikuti tahapan profesi selama setahun ke depan. Warsiti mengatakan, pendidikan profesi tersebut merupakan gambaran nyata karena akan menjalani interaksi langsung dengan pasien. ”Bersama pasien , anda belajar banyak tentang peran dan tanggung jawab profesi”, ujar dia. (Republika)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.