FEISHum UNISA Adakan Diskusi Ilmiah dan Penandatanganan MOA

Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas `Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan dilanjutkan dengan Diskusi Ilmiah Bulanan Komunikasi (DIBKOM), Kamis (24/10).
MoA antara FEISHum Unisa dengan MPM terkait penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan kedua pihak di TPA Piyungan, dilanjutkan dengan Diskusi Ilmiah Bulanan salah satu agenda rutin yang diadakan Prodi Komunikasi di ruang 2.19 gedung B. Menghadirkan Dr. Muhammad Nurul Yamin sebagai narasumber yang juga sekaligus menjabat ketua MPM Pimpinan Pusat Muhammadiyah, tema dalam DIBKOM kali ini yaitu “Strategi Komunikasi Dakwah Muhammadiyah  memalui Pemberdayaan” yaitu menumbuhkan dan meningkatkan ghirah atau spirit Al Ma`un.
Ketua Prodi Komunikasi UNISA, Wuri Rahmawati, M.Sc., mengatakan bahwa Persyarikatan Muhammadiyah telah banyak melakukan berbagai macam kegiatan keperpihakan pada kelompok-kelompok marginal dan secara teknis berada dalam lingkup kerja Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Pusat Muhammadiyah (MPM PPM). Dalam kegiatan dakwahnya melalui pemberdayaan di berbagai kelompok masyarakat sudah hampir pasti menggunakan strategi komunikasi yang persuasif Hal ini dikarenakan dalam pemberdayaan bukan sekedar meningkatkan derajat ekonomi saja akan tetapi juga menyangkut kesadaran, peningkatan pengetahuan dan ketrampilan.
Nurul Yamin menyampaikan bahwa hidup manusia itu hidup yang komunikatif, karena apa yang dilakukan dalam keseharian manusia adalah peristiwa komunikasi.
“Dalam penyampaian pesan itu ada yang kita harapkan,contohnya seperti dakwah itu suatu penyampaian pesan komunikasi,” ucap Yamin.
Peserta diskusi ini tidak hanya dari mahasiswa semua angkatan dari Prodi Komunikasi Unisa, ada juga dari Universitas Muhammadiyah Wonosobo yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.