Sosialisasi Siaga Bencana Fresht 2016

FRESHT (Federation of Rescue Health Team) kembali lagi mengadakan  acara Sosialisasi Siaga Bencana (SSB) pada Minggu, 10 April 2016 lalu. Pada kesempatan ini, kami melibatkan adek-adek panti asuhan Al-Falah Kota Gede, Yogyakarta. Yang mana Panti Asuhan tersebut dihuni oleh anak usia sekolah tingkat SD, SMP dan SMA.

Dengan bertemakan “Generasi Cerdas Yang Peduli Bangsa” ini, terlihat adek-adek begitu bersemangat dan berantusias mengikuti jalannya acara. Kegiatan SSB ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran mengenai penanggulangan bencana serta penanganan pertama pada keadaan gawat darurat.

Acara dimulai dengan senam bersama semua anggota adek-adek panti beserta panitia dan para undangan. Acara dilanjutkan dengan pemaparan beberapa materi terkait keadaan gawat daruratan. Materi yang pertama, memperkenalkan profesi-profesi kegawatdaruratan yang disampaikan oleh Amnatul Khairi. Dan dilanjutkan materi yang kedua tentang materi P3K yang di sampaikan oleh Dwi Dyah Hapsari. Uraian materi yang disampaikan meliputi bagaimana penanganan pertama pada luka bakar dan penanganan pertama pada orang pingsan. Materi ini menjadi bahan teori mini simulasi yang di lakukan di sela istirahat sarapan pagi. Mini simulasi ditujukan supaya adek-adek panti dapat langsung memahami penanganan sesuai dengan materi yang telah disampaikan.

Dan penyampaian materi terakhir tentang “7 Langkah Cara Cuci Tangan” yang disampaikan oleh Fachrika Rahmadani, dengan tujuan adek-adek dapat mencuci tangan dengan benar dan efisien sebagai usaha memproteksi diri dari kuman, virus dan bakteri serta mencegah infeksi.

Dengan diselenggarakan Sosialisasi Siaga Bencana ini, diharapkan adek-adek dapat melakukan tindakan pertolongan pertama dengan baik dan benar serta dapat memotivasi diri untuk menjadi generasi cerdas yang peduli terhadap bangsa.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.