Agung Danarto: 6 Karakter  Untuk UNISA Yogyakarta Unggul

Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) merupakan kampus yang dikelola oleh Aisyiyah,  organisasi perempuan muslim Indonesia yang  dalam tempo  cukup singkat melesat menjadi perguruan tinggi yang kualitasnya diperhitungkan di tanah air. Tidak mudah untuk mengelola perguruan tinggi yang dalam waktu cepat bisa memiliki keadaan aset, mahasiswa, gedung-gedung sebagaimana yang dimiliki Unisa  Yogyakarta saat ini.  Hal ini disampaikan oleh Dr. H. Agung Danarto, M.Ag., Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah, pada Rabu (13/7) dalam sidang  Senat Terbuka Milad ke-31 Unisa Yogyakarta.

Lebih lanjut, dalam pidato kuncinya yang bertemakan ‘’Transformasi Menuju Relevansi’’, Agung Danarto menyampaikan Kalau dihitung dari pendirian Unisa tahun 2016, usia kampus ini baru enam tahun, tapi perkembangannya sungguh luar biasa. Selanjutnya di masa perubahan ini ada 6 karakter yang harus dikembangkan di perguruan tinggi khususnya Unisa Yogyakarta sebagai pondasi kokoh agar dapat maju dan unggul. Antara lain,(1)  jihad mengembangkan amal usaha, (2) kompetitif, fastabiqhul khoirot/berlomba-lomba dalam kebaikan, (3) profesional yaitu memiliki komitmen waktu, skill dan kekhidmatan, (4) menjadi manusia pembelajar yang mampu mengangkat budaya unggul, (5) mengembangkan sikap toleran dan (6) memberikan manfaat, sebaik-baiknya hidup adalah memberi manfaat untuk lingkungan dan sesama.

Agung Danarto juga menyampaikan, Muhammadiyah sebagai induk organisasi dari ‘Aisyiyah membuka pintu lebar dan kebebasan bagi ‘Aisyiyah untuk berkiprah di tengah-tengah masyarakat dalam rangka mencapai cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa. Kehadiran Unisa Yogyakarta beserta kampus-kampus yang dikelola ‘Aisyiyah merupakan ajang pembuktian bahwa perempuan mampu mendirikan serta mengelola institusi perguruan tinggi.

Agung berharap Unisa akan menjadi kampus yang unggul. Ia percaya pada segenap pimpinan Unisa akan mampu mengemban amanah yang maha berat ini. Biarpun badai masalah akan datang bergejolak, ujar Agung. Kepemimpinan yang berlandaskan keimanan dan ketakwaan kepada Allah tidak akan goyah. “Mudah-mudahan diberikan kekuatan untuk jajaran pimpinan Unisa untuk terus mengemban amanah ini. Orang beriman akan selalu kuat menghadapi berbagai macam tantangan. Semua potensi dan daya upaya, saya kira akan terus mengawal perkembangan Unisa ini,” tutur Agung.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.