Pamitan dengan Dukuh Janten, Mahasiswa UNISA Yogya Gelar Vaksinasi Booster dan Cek Kesehatan

Rabu (18/05), Mahasiswa Keperawatan Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta, pamitan dengan warga Dukuh Janten, setelah melaksanakan Praktek Stase Komunitas selama 2 bulan. Ketua Program Studi Keperawatan UNISA Yogya, Deasti Nurma Ghupita, M.Kep., Sp.Kep.J., meminta izin kepada seluruh perangkat desa serta masyarakat untuk resmi menarik para mahasiswa praktek. “Mohon maaf jika ada kesalahan dari kami, serta kegiatan pasca praktek di Dukuh Janten akan tetap kami monitoring untuk kelanjutan program,” ujar Deasti.

Rangkaian pamitan dengan warga Dukuh Janten telah dimulai sejak hari Sabtu, 14 Mei 2022, diawali dengan kegiatan Vaksinasi Booster dan  dilanjutakan cek kesehatan pada hari Rabu, 18 Mei 2022, yang bekerjasama dengan Puskesmas Kasihan II. Sebanyak 185 peserta mengikuti vaksinasi dan mendapat apresiasi dari Kepala Puskemas Kasihan II dan Kepala Dukuh Janten.

Tiwi Sudyasih, S.Kep.Ns., M.Kep, selaku Dosen Keperawatan UNISA Yogya, menjelaskan bahwa ada 47 mahasiswa yang terjun dalam praktek stase komunitas di Dukuh Janten. Program yang berlangsung juga mengerahakn setiap mahasiswa dapat membimbing 4 keluarga sakit dan beresiko. “Ada 47 mahasiswa praktek, per mahasiswa membimbing 4 keluarga sakit dan beresiko sehingga total ada 188 keluarga yang dilakukan pendampingan,” jelas Tiwi.

“Selain itu kegiatan stase komunitas ini juga membantu untuk menghidupkan kembali Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) pasca redup selama pandemi.” Tutup Tiwi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.