Perpisahan dengan Dukuh Sonopakis, UNISA Yogya Launching Posbindu Penyakit Tidak Menular

Program Studi (Prodi) Profesi Ners, Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta, selenggarakan rangkaian acara perpisahan dengan warga Dukuh Sonopakis, Sabtu (22/01). Sekaligus peresemian Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu-PTM), yang dibawah pengawasan wilayah Puskesmas Kasihan II. Diresmikan oleh Perwakilan Panewu Gamping, Perwakilan Puskesmas Kasihan II, Lurah Sonopakis, dan Dosen Keperawatan UNISA Yogyakarta.

Perpisahan dan peresmian Posbindu-PTM menjadi puncak dari kegiatan praktek profesi stase Keperawatan Komunitas Keluarga dan Gerontik, Prodi Profesi Ners UNISA Yogyakarta. Praktek profesi telah berlangsung selama dua bulan dari tanggal 2 Desember 2021 – 22 Januari 2022. Diikuti sebanyak 65 mahasiswa yang dibagi menjadi 6 kelompok untuk 8 Rukun Tetangga (RT).

Tiwi Sudyasih, S.Kep.,Ns.,M.Kep., selaku Dosen dan Koordinator Stase Komunitas, merasa terharu dengan seluruh warga Sonopakis atas sambutannya dalam agenda ini. Tiwi juga menjelaskan bahwa selama pandemi baru kali ini dapat melaksanakan praktek secara tatap muka dengan warga. “Suatu kehormatan dan kebanggaan dapat berbaur dan penerimaan oleh warga Sonopakis,” jelas Tiwi, “Dari UNISA Yogya mengucapkan banyak terima kasih, apa yang telah diberikan kepada mahasiswa kami, semoga menjadi amal kebaikan Bapak dan Ibu.” Tutup Tiwi dalam sambutannya.

Medi selaku Kepala Jawatan Sosial yang mewakili Panewu Gamping, menghimbau bahwa apa yang telah ditinggal disini oleh mahasiswa praktek dapat dilanjutkan dan dirawat. Dengan adanya Posbindu-PTM ini akan mempermudah dalam pendampingan kesehatan. “Terimakasih kepada para mahasiswa sudah hadir untuk warga Sonopakis dan ini merupakan hal yang luar biasa ketika masih dalam waktu pandemi,” jelas Medi.

Fatoni selaku Lurah, menjelaskan bahwa dalam monitoring kesehatan tidak bisa dilakukan sendiri, namun perlu adanya kerjasama. Fatoni juga berterimakasih atas kehadiran mahasiswa praktek Profesi Ners UNISA Yogyakarta.

Dilaksanakan juga senam lansia yang dilanjutkan dengan rangkaian acara peresmian Posbindu-PTM. Dimeriahkan dengan iringan Bregodo dalam menghantarkan Pejabat Desa, Dosen, Warga, dan Perwakilan Mahasiswa menuju lokasi Posbindu-PTM. Pasca peresemian berlangsung pengecekan kesehatan bagi seluruh warga.

Dalam Pengecekan Kesehatan petugas mahasiswa praktek Profesi Ners juga didampingi dari Puskesmas Kasihan II. Ada pula dari Karang Taruna setempat yang telah ditunjuk sebagai kader Posbindu-PTM yang ikut bertugas, harapannya dapat menjadi kelanjutan kegiatan di Posbindu-PTM.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.