Skip to main content
PMB UNISA

Perpustakaan

Perpustakaan UNISA Yogyakarta

 Pendahuluan

Perpustakaan berfungsi sebagai unsur penunjang terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Slogan perpustakaan sebagai jantungnya perguruan tinggi (the heart of university), hendaknya direalisasikan dengan tercukupinya semua kebutuhan civitas akademika akan informasi yang disediakan oleh perpustakaan.  Target panjangnya, perpustakaan hendaknya menjadi unit yang mampu mewujudkan “long live learning” (pembelajaran sepanjang hayat) bagi semua insan, sehingga Perpustakaan Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta turut berperan dalam mencapai tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Perpustakaan Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta  mendukung terwujudnya visi UNISA Yogyakarta, yaitu menjadi universitas unggul dan pilihan berbasis nilai-nilai Islam melalui berbagai layanan dan kegiatan yang dikelolanya.

 

Visi dan  Misi

Visi

Menjadi pusat layanan informasi global, ke’Aisyiyahan dan Kemuhammadiyahan berbasis teknologi guna menunjang tri dharma perguruan tinggi

Misi

1.    Menyediakan informasi  mutakhir bagi civitas akademika  secara berkelanjutan.

2.    Mengembangkan pustakawan berkemajuan yang mampu menghadapi   tuntutan zaman

3.    Berlandaskan akhlak, ilmu, dan jiwa profesional.

4.    Menyelenggarakan manajemen perpustakaan yang baik dengan jejaring yang kuat.

5.    Mengembangkan layanan perpustakaan dengan unggulan ‘Aisyiyah Muhammadiyah Corner (‘AMCOR)

 

 

Lokasi & Ruangan

  1. Lantai I Kampus I Jl. Munir No.267  Serangan, Ngampilan, Yogyakarta dengan luas ruangan 24 m x 11 m
  2. Lantai 3 Kampus Terpadu Nogotirto, Gamping, Sleman  DIY. Ruangan dilengkapi AC, meubeler yang mendukung, hotspot area dan sarana komputer untuk penelusuran bahan pustaka, melihat soft copy penelitian, internet, dan lain-lain.

Keanggotaan

Semua civitas akademika Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta secara otomatis terdaftar sebagai anggota perpustakaan.  Kartu Tanda Mahasiswa berfungsi untuk meminjam, mengembalikan, presensi  pengunjung, dan lain-lain.

Petugas

Petugas berlatar belakang pendidikan perpustakaan:

Irkhamiyati, MIP., Khairun Nisak, SIP., , Lilik Layyina, SIP., Dita Rachmawati,  SIP., Agung Suyudi, A.Md., dan Sri Rejeki. Jadwal petugas dalam shift, sehingga pelayanan sampai malam. UPT Perpustakaan  Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta dikepalai oleh  Irkhamiyati, MIP.

Sistem Pelayanan

Sistem pelayanan terbuka, sehingga pemakai boleh meimilih dan mencari sendiri koleksi yang diinginkan agar lebih leluasa.  Cara pencarian/penelusuran bisa dilakukan dengan:

  1. Menggunakan komputer yang disediakan untuk
  2. Masuk di http://www.unisayogya.ac.id, klik di perpustakaan, atau masuk di lib.unisayogya.ac.id, kemudian klik cari pustaka dan ketikkan apa yang dicari menurut pilihan judul atau pengarang atau lainnya.
  3. Klik SIM Mahasiswa, lalu login, kemudian pencarian. Melalui menu ini, mahasiswa juga bisa melihat history buku apa yang pernah dipinjam.

Jenis Layanan

Antara lain: sirkulasi, referensi, koleksi cadangan, terbitan berkala  (baik jurnal dalam dan luar negeri), penelusuran bahan pustaka, komputer/internet, pendidikan pemakai, e-book, e-journal, dan penelitian. Perpustakaan selalu menginformasikan buku terbaru yang dimiliki dengan menempel di papan pengumuman, media buletin kampus, SIM SDM, dan website perpustakaan.

 

Program Unggulan

Beberapa kegiatan menjadi program unggulan perpustakaan yang dilakukan untuk lebih menarik pengunjung dalam memanfaatkan perpustakaan, seperti:

  1. Mengirim tulisan di media cetak dan elektronik, mengadakan lomba yang berhubungan dengan perpustakaan, bimbingan pemakai, dan Pelatihan Literasi Informasi, dll.
  2. Bimbingan pemakai/Pelatihan Literasi Informasi: Jurnal, Journal, e-Journal dan Sumber online lainnya.
  3. Sebagai kontributor dari Portal Garuda (garuda.dikti.go.id)
  4. Anggota Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi/FPPTI.
  5. FSPPTM (Forum Silaturahmi Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah).
  6. Sebagai kontributor dari Jogja Library for All / JLA yang mencakup lebih dari 35 perpustakaan/pusat informasi se-DIY. (jogjalib.com).
  7. Program Library Award.
  8. Diskusi Buku, dan lomba perpustakaan lainnya.
  9. Ada pustakawannya yang memperoleh Juara III Pustakawan Berprestasi Nasional oleh Dikti (2011).
  10. Ada pustakawannya yang memperoleh Juara III Pustakawan Berprestasi Nasional oleh Perpustakaan Nasional RI (2012).
  11. Ada pustakawannya yang memperoleh Juara V Seleksi Pemilihan Pustakawan untuk Utusan CONSAL XV Oleh Perpustakaan Nasional RI (2015).
  12. Diperolehnya nilai A untuk Akreditas Perpustakaan yang dilakukan oleh Tim Akreditasi Perpustakaan RI (SK No: 29/1/ee/XII/2014).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 8: Pustakawan & Pegawai Perpustakaan UNISA Yogyakarta

QR Code