Skip to main content

Ruang Kuliah dan Tutorial

 Pembelajaran di perguruan tinggi merupakan suatu pilihan strategik dalam mencapai tujuan individual seseorang. Semangat, cara belajar, dan sikap mahasiswa terhadap belajar sangat ditentukan oleh kesadaran akan adanya tujuan individual dan tujuan lembaga pendidikan yang jelas. Universitas Áisyiyah ( Unisa ) Yogyakarta dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan memiliki saran dan prasarana pendukung yang sangat memadai demi tercapainya visi dan misi pendidikannya.

    1. KULIAH
      Dosen dan kuliah bukan merupakan sumber pengetahuan utama. Oleh karena itu, perlu diredefinisi pengertian kuliah sejak mahasiswa masuk perguruan tinggi. Kuliah merupakan ajang untuk mengkonfirmasi pemahaman mahasiswa dalam proses belajar mandiri. Untuk mendukung proses belajar mengajar seperti itu, pengendalian proses belajar harus dipandang lebih penting daripada hasil atau nilai ujian. Kalau proses belajar dijalankan dengan baik, nilai merupakan konsekuensi logis dari proses tersebut. Kalau proses belajar tidak dikendalikan secara semestinya, nilai tidak akan mencerminkan adanya perubahan perilaku walaupun nilai tersebut menambah atribut seseorang. Dengan demikian, akhirnya perguruan tinggi hanya berfungsi sebagai lembaga jasa pengujian (testing service institute) bukan lembaga pendidikan.

Universitas Áisyiyah ( Unisa ) Yogyakarta, dalam hal ini Unit Administrasi Akademik telah memiliki beberapan fasilitas pendukung pelaksanaan perkuliahan baik Kuliah Teori, pakar dan Narasumber yang diselenggarakan. Fasilitas pendukung berupa ruangan kelas dengan kapasitas 70 – 300 mahasiswa. Semua ruangan kelas memiliki sarana pendukung seperti Kursi kuliah standar, sound system, AC, multimedia support, jaringan wifi, dan saran pendukung lainnya. Adapun jumlah ruangan yang dimiliki oleh Universitas Áisyiyah ( Unisa ) Yogyakarta diantaranya :

No   Letak Kampus Jenis Ruangan Keterangan
1 Kampus 1 Aula Kapasitas 200-300 mahasiswa
L-1A Kapasitas 100-150 mahasiswa
Studio Kapasitas 80-100 mahasiswa
L-3A, L-3B, L-3C Kapasitas 70-80 mahasiswa
4 Kampus Terpadu Ruang 2A Kapasitas 100 – 120 mahasiswa
Ruang 3A, 3B, 3C, dan 3D Kapasitas 70 – 80 mahasiswa
Ruang 4A dan 4B Kapasitas 70 – 80 mahasiswa
Ruang Tele Conference Kapasitas 120 – 150 mahasiswa
  1. TUTORIAL
    Konsep belajar mandiri dalam tutorial mengandung pengertian, bahwa tutorial merupakan bantuan belajar dalam upaya memicu dan memacu kemandirian, disiplin, dan inisiatif diri mahasiswa dalam belajar dengan minimalisasi intervensi dari pihak pembelajar/tutor. Prinsip pokok tutorial adalah “kemandirian mahasiswa” (student’s independency).

Peran utama Fasiltator / Dosen Tutor dalam tutorial adalah: (1) “pemicu” dan “pemacu” kemandirian belajar mahasiswa, berpikir dan berdiskusi; dan (2) “pembimbing, fasilitator, dan mediator” mahasiswa dalam membangun pengetahuan, nilai, sikap dan keterampilan akademik dan profesional secara mandiri, dan/atau dalam menghadapi atau memecahkan masalah-masalah dalam belajar mandirinya; memberikan bimbingan dan panduan agar mahasiswa secara mandiri memahami materi mata kuliah; memberikan umpan balik kepada mahasiswa secara tatap muka atau melalui alat komunikasi; memberikan dukungan dan bimbingan, termasuk memotivasi dan membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan belajarnya.

Agar tutorial tidak terjebak dalam situasi perkuliahan biasa, terbina hubungan bersetara, mampu memainkan peran-peran di atas, dan tutorial berjalan efektif, tutor perlu menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang berfungsi untuk: (1) membangkitkan minat mahasiswa terhadap materi yang sedang dibahas, (2) menguji pemahaman mahasiswa terhadap materi pelajaran, (3) memancing mahasiswa agar berpartisipasi aktif dalam kegiatan tutorial, (4) mendiagnosis kelemahan-kelemahan mahasiswa, dan (5) menuntun mahasiswa untuk dapat menjawab masalah yang sedang dihadapi.

Adapun Ketersediaan ruangan turuial yang terdapat di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta diantaranya :

No   Letak Kampus Keterangan
1 Kampus 1 Ruang Tutor 1 sampai dengan Tutor 6
3 Kampus Terpadu Ruang Tutor 1 sampai dengan Tutor 10

9   

QR Code