Mengulik The New Normal of Rumah Sakit Dalam Sisi Manajemen Rumah Sakit
Program Studi S1 Manajemen Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta mengadakan Kuliah Pakar bertajuk “Manajemen Pemasaran Rumah Sakit di Era New Normal”. Kegiatan ini diikuti 80 peserta dari civitas akademika dan Mahasiswa Manajemen Unisa Yogyakarta secara online, Sabtu (08/01).
Pandemi saat ini belum berakhir, perhatian masyarakat semua tertuju pada sektor kesehatan terkhusus rumah sakit. Munculnya varian baru Covid-19 jenis Omicron, menjadi evaluasi mandiri bagi seluruh rumah sakit yang ada. Fitri Maulidah Rahmawati , SE, MSi. menuturkan bahwa “sebagai sebuah entitas bisnis rumah sakit harus terus berbenah dan berupaya untuk bagaimana caranya supaya kunjungan di rumah sakit terus meningkat dari waktu ke waktu”.
Hospital marketing dimana harus memahami kebutuhan pasien dan peran serta karyawan mampu sebagai marketing of agent, untuk meningkatkan performa rumah sakit. Beberapa hal yang perlu dipahami agar dapat mempromosikan dan menjadikan layanan rumah sakit menjadi suatu hal yang diminati oleh customer. “Perkuat komunikasi, mendukung manajemen strategis, dan pondasi marketing yang kuat, ketiga hal tersebut sangat penting mulai dari internal yang menjadi spokeperson dari rumah sakit salah satu hal dalam membangun rumah sakit agar dapat bangkit dan tumbuh. Peningkatan pelayanan dengan riset dan berimtra kuat dengan stageholder.” Tutup Eka Budy Santoso, S.Sos., M.Pd., MA., Med., CPR (rzk)
Leave a Reply
Want to join the discussionFeel free to contribute!