Skip to main content

Sambutan Rektor

warsiti-fix-revisi-oke

Assalamu’alaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh

   Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya, tidak lupa sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya. Amiin.

  Rektor beserta seluruh civitas akademika Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta mengucapkan selamat datang di situs resmi UNISA.

 Situs ini bertujuan untuk menjalin komunikasi internal maupun eksternal UNISA yang lebih baik di era globalisasi. Hal ini dirasa penting mengingat UNISA saat ini memiliki 3 Fakultas dan 16 Program Studi dengan mahasiswa yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia dan telah melahirkan alumni yang bekerja di berbagai institusi kesehatan pemerintah maupun swasta. Selain itu, tenaga profesional yang terlibat dalam proses pendidikan berjumlah lebih dari 200 orang praktisi di bidangnya dan lahan praktik yang tersebar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dengan adanya situs resmi UNISA diharapkan mampu untuk meningkatkan komunikasi kerjasama yang telah terjalin dengan institusi kesehatan dan institusi terkait baik dalam maupun luar negeri dan memberikan informasi kepada pihak luar mengenai UNISA.

 Diawali dengan berdirinya Sekolah Bidan ‘Aisyiyah dan Sekolah Penjenang Kesehatan Tingkat C ‘Aisyiyah RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta berdasarkan SK Menteri Kesehatan RI No.65 tanggal 10 Juli 1963 sebagai cikal bakal lahirnya STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta. Pada tahun 1991 sesuai dengan SK Menkes RI No. HK.00.06.1438 tanggal 6 Juli 1991 dikonversi menjadi Akademi Perawat ‘Aisyiyah Yogyakarta. Setelah sempat dikonversi kembali menjadi AKBID ‘Aisyiyah Yogyakarta pada tahun 1998, akhirnya pada tahun 2003 melalui Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 181/D/0/2003 berkembang menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) ‘Aisyiyah Yogyakarta. Alhamdulillah, STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta sudah mendapatkan akrediasi Institusi B. Selanjutnya STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta berubah bentuk menjadi Universitas pada tanggal 10 Maret 2016 melalui Surat Keputusan (SK) Kemenristek Dikti nomor 109/KPT/I/2016 dengan nama Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta.

 Pada usia yang sudah lebih dari setengah  abad (50 tahun) ini dan pengalaman panjang dalam menyelenggarakan pendidikan di bidang kesehatan dan berpedoman pada falsafah profesional-qur’ani, semoga akan segera menjadi rahmatan li al-‘alamin bagi umat, bangsa dan dunia kemanusiaan menuju terciptanya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya yang diridhai Allah swt dalam kehidupan di dunia ini sesuai dengan visi Muhammadiyah. UNISA saat ini telah memiliki enam belas program studi yaitu S1 Ilmu Keperawatan, Profesi Ners (Keperawatan), Diploma III Kebidanan, Bidan Pendidik DIV, S1 Fisioterapi, Profesi Fisioterapi, S2 kebidanan, D4 Analis Kesehatan, D3 Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi (TRR), S1 Administrasi Publik, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Psikologi, S1 Bioteknologi, S1 Arsitektur, S1 Akuntansi, dan S1 Manajemen.

 Akhir kata, semoga situs ini dapat memberikan informasi mengenai UNISA yang lengkap bagi mahasiswa, dosen, dan seluruh instansi maupun lembaga kesehatan yang ada di luar. Tentunya, masukan untuk perbaikan situs ini akan kami terima dengan baik.

 Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

QR Code