STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Gelar Pelatihan PEKERTI
Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Untuk dapat melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai pendidik dan pembelajar setiap dosen perlu memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial. Oleh karena itu STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta menggelar pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen dan mahasiswa DIV Bidan Pendidik.
Pelatihan bersertifikasi ini merupakan kerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNY, resmi dibuka pada Senin, (3/9) di Kantor LPPMP UNY. Dalam sambutan pembukaan pelatihan Ketua STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta, Warsiti, S.Kp.,M.Kep.,Sp.Mat menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan kegiatan rutin program studi DIV Bidan Pendidik sebagai upaya meningkatkan profesionalisme seorang pendidik/dosen. Harapannya, para alumni/lulusan prodi DIV Bidan Pendidik mampu memahami dasar dalam mengajar, mengembangkan teknik-teknik dasar instruksional sehingga ketika mengajar nantinya akan lebih terstruktur.
Pada saat yang sama Pembantu Rektor I Universitas Yogyakarta, Prof Nurfina Aznam, Su., Apt berharap kerjasama ini semakin kokoh dan bersama sama untuk memikirkan pendidikan bangsa ini. Seorang dosen selain memberikan ilmu akademik dituntut pula memberikan pembelajaran menganai karakter, moral, etika dan sebagainya.
Sejumlah 134 peserta mengikuti pelatihan yang di laksanakan pada 3-28 September dan terbagi dalam 6 gelombang. Para peserta akan mendapatkan beberapa sajian materi antara lain pendidikan sebagai sistem, strategi peningkatan kualitas Pendidikan Tinggi, paradigma baru pembelajaran dan implikasinya dalam pengembangan kurikulum, pembelajaran, dan evaluasi, Model Quality Assurance dalam pembelajaran, pembelajaran orang dewasa, paradigma konstruktivisme dalam pembelajaran, pengembangan kurikulum, teori belajar dan motivasi, taksonomi tujuan pembelajaran dan analisis kompetensi, model-model pembelajaran, metode-metode pembelajaran, media pembelajaran, pembelajaran berbasis ICT, penilaian hasil belajar, konsep dasar penilaian pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, dasar-dasar komunikasi dan keteram-pilan dasar mengajar, team teaching, praktikum, praktek pengajaran mikro, penelitian untuk peningkatan kualitas pembelajaran di Perguruan Tinggi.