63% Persalinan Di Indonesia Ditolong Bidan

Di Indonesia terdapat 4,6 juta kelahiran pertahun dan 63% persalinan ditolong oleh bidan. Ini artinya peran bidan di Indonesia sangat penting. Kompetensi bidan harus senantiasa di tingkatkan. Hal tersebut disampaikan oleh Pimpinan Pusat IBI, Laurensia Lawintono, M.Sc., saat memberikan materi Studium general untuk mahasiswa Kebidanan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta (SAY), Senin (26/10).

Lebih lanjut Laurensia menjelaskan mengenai 9 kompetensi bidan antara lain pengetahuan & ketrampilan ilmu sosial budaya, komunikasi, kesehatan masyarakat, etika untuk memberi pelayanan bermutu untuk ibu , bayi dan keluarganya; pra konsepsi, keluarga berencana dan ginekologi; Asuhan dan konseling selama kehamilan; asuhan selama persalinan dan kelahiran; asuhan pada masa nifas dan menyusui; asuhan pada bayi baru lahir; asuhan pada bayi dan balita; kebidanan komunitas dan asuhan pada ibu dengan gangguan reproduksi.

Laurensia juga menjelaskan tentang sifat pelayanan bidan bermartabat yaitu setiap perempuan berhak bebas dari kerugian/cedera/penanganan yang tidak tepat dan berhak atas informasi, privasi dan kerahasisaan, diperlakukan secara hormat dan bermartabat dan sebagainya. Hal ini artinya para bidan diharapkan bisa merubah cara bekerja termasuk lingkup prakteknya. Bidan perlu praktek lebih berdasar bukti / Evidence Based Practice dan harus bermitra dengan perempuan serta tenaga kesehatan lainnya.

Studium General ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Kebidanan semester 1 dan 3. Kegiatan ini bersifat rutin terkait untuk pengenalan profesi Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di DIY serta menambah wacana kebidanan kepada mahasiswa. Materi kebijakan KIA disampaiakan oleh Dinas Kesehatan DIY.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.