Pelatihan Auditor Internal STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta

Untuk menuju ISO 9001:2008, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta menggelar pelatihan auditor internal. Pelatihan yang diikuti oleh 13 auditor ini dilaksanakan di Kampus Terpadu STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta, (28-29/5). Para peserta ini adalah yang terpilih setelah mengikuti seleksi calon auditor internal kerjasama dengan Lembaga Pengembangan Kualitas Manusia (LPKM) Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Menurut narasumber pelatihan dari British Standards Institution Indonesia (BSI Indonesia), Sholichin A Darmawan menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah peserta mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melakukan audit sistem manajemen mutu sesuai dengan pedoman audit ISO 190011:2011. Peserta memahami pendekatan audit berdasarkan ”compliance” dan ”Performance”. Peserta memahami lebih jelas mengenai philosofi ”correction action, corrective action, prevetive action”. Metode pembuatan pelaporan audit dan analisa serta evaluasi untuk peningkatan berkesinambungan. Mekanisme kompetensi dan evaluasi kompetensi auditor.

Lebih lanjut Sholichin menjelaskan peran auditor adalah memberikan validasi dari informasi faktual mengenai pemenuhan dari persyaratan audit. ”Seluruh kesimpulan harus berdasarkan kepada bukti obyektif yang kuat”, jelasnya. Selain itu kompetensi auditors dapat dilihat dari pendidikan, pengalaman profesional, pelatihan auditor, independen, atribut dan karakteristik personal. Sehingga dibutuhkan personal yang mampu memahami masalah dengan cepat, memiliki cara pandang fleksibel yaitu yang mampu melihat sesuatu dari beberapa cara pandang dan mengadaptasi perubahan keadaan sekitar. Mampu mengatasi kesulitan dan tetap menjalankan perencanaan. Mampu menentukan batasan dari tanggung jawab, mampu berkomunikasi dan bekerjasama dengan personal dari level dan latar belakang yang berbeda. Mampu mengemukakan pikiran, ide dan proposal dengan jelas dan mampu untuk melakukan investigasi dan menjabarkan pemenuhan diseluruh area.

Untuk memelihara dan meningkatkan ”knowledge, skills dan personal attributes” dapat melalui penambahan pengalaman kerja, pelatihan, study, coaching, meeting dan seminar.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.