Pelatihan Pekerti Tingkatkan Profesionalisme Pendidik

Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Untuk dapat melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai pendidik dan pembelajar setiap dosen perlu memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial. Oleh karena itu STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta menggelar pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi mahasiswa DIV Bidan Pendidik. Pelatihan bersertifikasi ini merupakan kerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Pusat Pengembangan Kurikulum, Instuksional dan Sumber Belajar UNY, resmi dibuka pada Senin, (21/9) di Kantor LPPMP UNY.

Dalam sambutan pembukaan pelatihan Ketua STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta, Warsiti, S.Kp.,M.Kep.,Sp.Mat menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan kegiatan rutin program studi DIV Bidan Pendidik sebagai upaya meningkatkan profesionalisme seorang pendidik/dosen. Harapannya, para alumni/lulusan prodi DIV Bidan Pendidik mampu memahami dasar dalam mengajar, mengembangkan teknik-teknik dasar instruksional sehingga ketika mengajar nantinya akan lebih terstruktur.

Sementara itu menurut kepala LPPMP UNY, Prof. Dr. Wawan S Suherman, MID., yang paling penting pada pelatihan ini adalah bagaimana semua peserta dapat mengimplementasikan dalam tugas keseharian kita. Proses pembelajaran itu tidak hanya di kelas, sehingga nanti kalaupun tidak jadi pengajar, bekal pendidik bisa dilakukan untuk tugas-tugas keseharian lainnya . Harapannya melalui pelatihan ini, proses pendidikan dan proses pembinaan semakin meghasilkan insan Indonesia cerdas, bertaqwa dan mandiri.

Sejumlah 135 peserta mengikuti pelatihan yang di laksanakan pada 21 September – Oktober dan terbagi dalam 5 gelombang. Para peserta akan mendapatkan beberapa sajian materi antara lain analisis instruksional, strategi peningkatan mutu pendidikan tinggi, kebijakan pendidikan tinggi, pendidikan orang dewasa, konsep dasar kurikulum, media pembelajaran, perencanaan pembelajaran, pembelajaran yang memberdayakan, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, persiapan simulasi dan tugas akhir, pembelajaran praktek dan laboatorium, pengembangan dosesn berkelanjutan, ketrampilan dasar mengajar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.