penyuluhan iva

Unisa Kerjasama Dengan MAMPU Gelar Pemeriksaan IVA

UNISA Kerjasama Dengan MAMPU Gelar Pemeriksaan IVA

Universitas `Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta melalui Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes)  bersinergi dengan program MAMPU Pimpinan Pusat `Aisyiyah mengadakan penyuluhan dan pemeriksaan IVA dan kanker payudara di Klinik Pratama `Aisyiyah Sewugalur, Ahad (24/12).
Ketua program MAMPU `Aisyiyah Dr.Tri Hastuti Nur Rochimah, M. Si  dalam sambutanya mengatakan kanker serviks dan kanker payudara masih merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi bagi perempuan, hal tersebut diperparah dengan rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai bahaya penyakit tersebut, oleh sebab itu Pimpinan Pusat `Aisyiyah terus menggencarkan isu kesehatan reproduksi dengan menggandeng FIKes UNISA untuk mengadakan penyuluhan dan pemeriksaan IVA serta deteksi kanker payudara. “Harapanya selain berdakwah kepada masyarakat, para kader  juga mampu menjaga dan merawat kesehatan bagian penting dalam diri mereka,” imbuhnya.
Siti Arifah, S.ST., MH. Kes dosen prodi kebidanan UNISA selaku narasumber mengatakan bahwa dengan menjaga pola makan sehari hari dapat menghindarkan kita dari kanker serviks, “Adapun akibat pernikahan dibawah umur bisa mengakibatkan timbulnya kanker serviks,” lanjut Arifah.
Acara ini dihadiri oleh ibu- ibu dari anggota Pimpinan Cabang `Aisyiyah Galur dan Pimpinan Daerah `Aisyiyah Kulon Progo.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.