UNISA Yogyakarta Raih Peringkat 44 Kategori Liga 2 Nasional

Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA Yogyakarta) memperoleh peringkat ke-101  nasional  dan peringkat 44 di kategori liga dua dalam penilaian Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) Tingkat nasional Tahun 2021.  Posisi tersebut naik dibandingkan tahun 2020 berada diperingkat 181. Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) mengumumkan pemeringkatan tersebut melalui laman Simkatmawa.kemendikbud.go.id, Selasa (7/12/2021).

Simkatmawa merupakan evaluasi dari Kemendikbudristek dalam bentuk penilaian kinerja dan pemeringkatan bidang kemahasiswaan yang sekaligus menjadi wahana bagi perguruan tinggi melaporkan prestasi-prestasi mahasiswa dan institusi bidang kemahasiswaan terkait. Dengan adanya SIMKATMAWA ini diharapkan dapat mendorong perguruan tinggi untuk lebih meningkatkan kepedulian kepada kegiatan-kegiatan kemahasiswaan baik secara kelembagaan maupun prestasi mahasiswa.

Rektor Unisa Yogyakarta, Warsiti, S.Kp.,M.Kep., Sp.Mat  mengemukakan, bahwa Simkatmawa adalah puncak penilaian terhadap semua prestasi dan tata kelola bidang kemahasiswaan. “Hal ini adalah prestasi yang membanggakan dan senantiasa kita syukuri, semoga menjadi penyemangat kita semua untuk terus memajukan kampus UNISA Yogyakarta” ujar Warsiti.

Lebih lanjut menurut Warsiti, semangat yang kita bangun tidak semata peringkat simkatmawa. Namun semangat mahasiswa untuk memiliki daya juang/ motivasi untuk berprestasi yang terus senantiasa kita tumbuhkan melalui capai capaian prestasi mahasiswa baik Nasioal maupun internasional. Disamping terus mendorong bidang kemahasiswaan untuk meningkatkan kepuasaan layanan kemahasiswaan. Bidang kemahasiswaan ini punya peran yang sangat strategis  dalam penguatan kelembagaan. “Melalui kegiatan kemahasiswaan yang diwadahi melalui unit kegiatan mahasiswa (UKM), mahasiswa dapat mengembangkan bakat minat penalaran dan kreativitas mahasiswa sehingga akhirnya akan dapat menghasilkan karya karya inovasi  yang dapat memberi manfaat untuk masyarakat. Keterlibatan dalam organisasi mahasiswa akan membantu mahasiswa menambah kompetensi soft skill untuk mengatasi masalah” tambahnya. “Kepada semua pihak yang membantu pencapaian prestasi ini, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kontribusi waktu, tenaga, dan pikiran untuk bersama-sama mendorong peningkatan mutu layanan mahasiswa” pungkasnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.