UPT Laboratorium UNISA Gelar Pelatihan Pengeloaan Laboratorium Pendidikan Kesehatan Dengan Unggulan Berbasis Teknologi Informasi

DSC05304

UPT  Laboratorium Terpadu Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta kembali mengadakan Pelatihan Pengelolaan Laboratorium pada Rabu-Kamis (12-13/7). Kegiatan ini dilaksanakan guna memfasilitasi Perguruan Tinggi bidang kesehatan sejenis, yang telah banyak mengajukan permohonan studi banding terkait tata kelola laboratorium di UNISA.

Menurut Kepala UPT Laboratorium Terpadu (UNISA), Yuni Purwati, S.Kep., M.Kep., dewasa ini, tuntutan pelayanan laboratorium harus dapat melayani  pembelajaran  terstruktur, pembelajaran mandiri, pembelajaran di klinik bahkan ujian skills, ujian pra klinik maupun ujian komprefensif. Pelayanan laboratorium di pendidikan kesehatan, seringkali dibutuhkan alat dan bahan yang sama pada setian jurusan/Prodi. Hal ini diperlukan metode pengelolaan dalam sistem pembelajaran, mulai dari penjadualan dalam kegiatan pembelajaran maupun penggunaan alat. Disamping itu semakin bertambahnya jumlah mahasiswa, dosen, seluruh civitas akademika, bahkan fihak eksternal yang merupakan home based praktik klinik yang membutuhkan pelayanan laboratorium, maka diperlukan strategi pelayanan yang efisien dan efektif.

DSC05406

Sesuai dengan visi unit lab menjad pusat  laboratorium terpadu yang unggul, berbasis teknologi informasi  dan berdasarkan nilai-nilai Islam, maka UPT laboratorium membangun sistem pelayanan pembelajaran laboratorium, inventaris alat dan peminjaman pengembalian alat berbasis IT. Hal ini dijadikan tema unggulan dalam pelatihan pengelolaan laboratorium ini, dan menyedot animo para laboran dan penanggung jawab laboratorium dalam lingkup nasional untuk belajar bersama mengelola dan mengembangkan laboratorium.

Disamping itu laboratorium merupakan sarana  penunjang pendidikan kesehatan, harus selalu mengoptimalkan mutu sesuai dengan standart mutu untuk mendukung akreditasi program studi, universitas maupun ISO: 2008. Tema ini juga diusung dalam pelatihan, yang mengundang antusias para peserta dalam diskusi dalam melakukan share upaya perbaikan sesuai standart mutu laboratorium.

DSC05424Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari, diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari berbagai institusi bidang kesehatan di seluruh Indonesia.  Nara Sumber meliputi Assesor penyelenggaraan Pendidikan kesehatan yang menguasai standart sarana dan prasarana, Kepala UPT Laboratorium yang telah berpengalaman dalam mengembangkan laboratorium, Programmer IT yang telah merancang SIM laboratorium, Pakar Keamanan dan Keselamatan Kerja Laboratorium, Pakar penjaminan mutu laboratorium dan pemenang laboran berprestasi Kopertis Wilayah V tahun 2016. Seluruh pembicara tersebut merupakan SDM Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.