Mahasiswa Profesi Ners STIKES ‘Aisyiyah Gelar “Gebyar Gumilar Membangun Dusun Sehat”

Sebagai bentuk pengabdian masyarakat, mahasiswa Program Profesi Ners STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta mengadakan acara puncak kegiatan praktik komunitas di Dusun Mejing Lor, Ambarketawang, Gamping, Sleman yang bertajuk ‘’GEBYAR GUMILAR MEMBANGUN DUSUN SEHAT ‘’(13/6).

Wakil bupati Kabupaten Sleman, Hj. Yuni Satia Rahayu, S.S., M.Hum. yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat terutama bagi warga yang menderita penyakit tidak menular.

Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain lomba kebersihan RT yang meliputi 10 RT dari 3 RW dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga. Pemeriksaan kesehatan gratis meliputi periksa dokter umum, periksa mata, cek gula darah-asam urat dan tekanan darah, serta pemberian vitamin untuk anak-anak. Disamping itu ada pemeriksaan tulang gratis dari Anlene disertai konsultasi gratis dan donor darah yang bekerjasama dengan PMI Kabupaten Sleman.

Menurut Putri selaku ketua panitia, dengan adanya lomba kebersihan ini diharapkan masyarakat mampu menerapkan hidup bersih dan sehat setiap hari, bukan hanya pada saat lomba saja.

Acara puncak kegiatan diadakan tanggal 14 Juni 2015, dibuka pukul 05.30 oleh bapak Sumaryanto selaku kepala desa Ambarketawang, dilanjutkan jalan sehat bersama masyarakat se-Padukuhan Mejing Lor, senam masal, pengumuman pemenang lomba bersih dusun, serta pembagian doorprize. Doorprize ini terdiri dari 78 item dan 500 voucer belanja, dengan doorprize utama TV berwarna 14 inch.