Pelatihan Penatalaksanaan Managemen Pembelajaran Laboratorium Keperawatan Bagi Perceptor di Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta
Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan,Stikes ‘Aiyiyah Yogyakarta melakukan upaya-upaya perbaikan dan inovasi dalam bidang pendidikan antara lain melakukan pembenahan terhadap kurikulum pendidikan, penataan pembelajaran laboratorium, bembelajaran klinik dan desain pembelajaran yang tujuan utamanya adalah mencapai kompetensi bagi lulusannya. Pencapaian kompetensi lulusan diperlukan berbagai dukungan sarana prasarana pembelajaran, kebijakan pendidikan dari perguruan tinggi.
Sarana yang mutlak harus ada antara lain adanya perawat profesional sebagai pembimbing klinis atau “preceptor” yang akan melakukan preceptorship bagi para perawat lapangan sehingga tumbuh kembang profesi dapat berkembang bagi perawat. Perceptor di STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta belum seluruhnya pernah mendapatkan pelatihan mendesain kurikulum pendidikan, prinsip dasar universal precaution dan pasien safety serta metode pembelajaran dengan problem based learning melakukan asessment dan evaluasi pembelajaran di laboratorium. Oleh karena itu , Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta mengadakan Pelatihan terhadappara perceptor untuk melakukan upgrade pengetahuan dengan hal-hal yang baru sehingga dapat menambah wawasan preceptor dalam melakukan bimbingan terhadap mahasiswa.
Pelatihan perceptor ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 18 Januari 2014, bertempat di Stikes ‘Aiyiyah Yogyakarta yang disampaikan oleh Mufdlilah, S.SiT.,M.Sc., Ismawarti, S.KM.,M.PH, Dewi Rohanawati, S.SiT.,M.PH, Ns. Suratini, M.Kep.,Sp.Kep.Kom yang dalam hal ini berperan sebagai trainer.Ke–empatpembicara tersebut belajar langsung diNgee Ann Polytechnic di Singapura yang bekerja sama dengan Temasek Foundation. Ilmu baru tersebut kemudian ditularkan kepada para perceptor yang ada di Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta. Harapannya dengan adannya pelatihan ini, dapat menigkatkan pembimbing klinis atau perceptor yang lebih handal dan profesional.