Dosen Unisa Yogyakarta Ajak Bersama Cegah Anemia Pada Remaja

Tim Pengabdian IPTEK Berbasis Masyarakat (IBM) yang terdiri dari beberapa dosen Universitas `Aisyiyah Yogyakarta, mengadakan kegiatan pengabdian bekerja sama dengan SMP N 4 Banguntapan Bantul, Sabtu (3/9).

Tim yang diketuai oleh Elika Puspitasari.,S.ST.,M.Keb dan beranggotakan Sholaikhah Sulistyoningtyas.,S.ST.,M.Kes, yang keduanya berasal dari Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan Unisa Yogyakarta. Melalui program pendanaan Hibah kompetisi Internal Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unisa Yogyakarta melaksanakan kegiatan pengabdian dengan Kepala Sekolah SMP N 4 Banguntapan Bantul, yaitu Dra. Ratna Handarini, M.Pd.

Setelah melalui survey dan wawancara langsung dengan guru dan pengurus UKS, tim mencoba menginisiasi pembentukan Peer Group “SISBANGUN” Bersama Kita Cegah Anemia remaja di Masa New Normal. Terdapat 12 siswi SMP N 4 Banguntapan yang bergabung dalam Peer Group SISBANGUN, sebagai kader kesehatan remaja di lingkup sekolah.

Menurut Elika Kader kesehatan remaja yang dibentuk bergabung dalam whatsapp group yang digunakan sebagai media komunikasi selama pandemi.

“Para siswi ini diberikan penyuluhan serta pelatihan terkait cara konsumsi tablet Fe yang benar, cara pencegahan anemia dan  gizi seimbang,” ucap Elika.

Elika menambahkan tim memberikan fasilitas seperti poster dan booklet guna membantu kader remaja menyebarkan informasi kesehatan. Media promosi kesehatan dirancang secara simple agar masalah kesehatan reproduksi terutama anemia pada remaja ini mudah difahami sehingga dapat menjangkau siswa-sisiwi dilingkup sekolah menengah pertama.

Program ini digagas oleh Sholaikhah Sulistyoningtyas dan Elika Puspitasari, Peer Grup SISBANGUN telah dikoordinir dalam satu grup guna memudahkan komunikasi dalam penyampaian program kerja dan jadwal pelaksanaan penyuluhan serta pelatihannya.

Sholaikhah menjelaskan program kerja yang pertama adalah membentuk peer group discussion, dan dibantu oleh guru BK SMPN 4 Banguntapan yaitu Esti Dwi Fatmawati, S.Pd. Kemudian dilanjutkan penyuluhan terkait cara konsumsi Tablet Fe yang benar, cara mencegah anemia, dan gizi seimbang melalui zoom mengingat masih dalam masa pandemi. Selanjutnya penyerahan Booklet dan Poster untuk mempermudah proses belajar kader ”SISBANGUN”.

“Selanjutnya, akan membentuk prioritas masalah kesehatan yang dialami remaja khususnya remaja putri yang mengalami anemia. Diselesaikan dengan pemberian tablet Fe pada remaja- remaja yang mengalami anemia. Kemudian konsutasi melalui perwakilan kader ”SISBANGUN” yang akan tersampaikan ke tenaga Kesehatan,” tutur Sholaikhah. Kemitraan ini bertujuan untuk mempermudah layanan bagi remaja di SMP serta  untuk meningkatkan kualitas kesehatan remaja dan pemantauan kesehatan secara berkesinambungan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.