Inovasi riset dan pendekatan penelitian di masa pandemi Covid 19

Mata kuliah metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif merupakan salah satu mata kuliah pada program pendidikan Magister Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, UNISA Yogyakarta. Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa Magister pada semester 1, yang merupakan salah satu mata kuliah untuk membekali mahasiswa mencapai salah satu profil lulusan yaitu menjadi peneliti pemula dalam lingkup topik kebidanan.Namun demikian, pandemi covid-19 mengharuskan kita untuk berpikir kembali tentang penelitian dengan subjeknya manusia. Penelitian yang biasanya dilakukan secara langsung melalui tatap muka menjadi sebuah tantangan pada masa pandemi Covid-19 ini, mengingat kemungkinan terjadinya penularan dan penyebaran covid, terutama pada kelompok rentan, sedapat mungkin menghindari kerumunan dan melakukan social distancing. Sementara itu kegiatan penelitian dosen dan tugas akhir mahasiswa harus tetap berjalan.
Prodi Magister Kebidanan Unisa Yogya berupaya untuk melakukan inovasi-inovasi untuk bisa tetap membekali mahasiswa dan memberikan pengalaman terkait dengan pada masa pandemi Covid-19 ini.
Andari Wuri Astuti., S.SiT., MPH., Ph.D, Kaprodi Program Magister Kebidanan Unisa Yogya menuturkan jika sebagai salah satu upaya yang dilakukan adalah mendatangkan Guest Lecturer Dr Yu (Maggie) Fu PhD, MPH, MD, AFHEA, seorang research fellow dari Leeds Institute of Health Sciences, Faculty of Medicine, University of Leeds United Kingdom, untuk berbicara tentang Riset Metodologi secara umum dan beberapa contoh riset yang bisa dilakukan pada masa pandemi.
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2020 selama 90 menit paparan dan 30 menit tanya jawab. Selain untuk memberikan pengalaman penelitian juga merupakan salah satu fasilitas untuk mahasiswa kami untuk mendapatkan pengalaman belajar dari pembicara level internasional serta melihat tren penelitian kebidanan yang dilakukan pada masa pandemi covid-19 di kancah internasional. Adapun acara ini merupakan sebuah implementasi kegiatan dari MoU Unisa Yogya dan University of Leeds, United Kingdom yang telah terjalin secara dinamis dan harmonis mulai dari tahun 2015. Acara dilakukan secara daring menggunakan online platform zoom dan diikuti oleh mahasiswa angkatan VIII serta dosen prodi Magister Kebidanan.
Dr Yu (Maggie) Fu memaparkan jika dalam masa pandemi covid-19 ini, justru peneliti harus bisa berinovasi untuk tetap meneliti untuk memberikan evidence terkini terutama pada context pandemi. Namun demikian memang ada beberapa kendala karena peneliti tidak bisa turun langsung ke lapangan karena pembatasan dan regulasi protokol pencegahan penularan Covid-19. Oleh karenanya beberapa alternatif bisa dilakukan misalnya dengan beralih menggunakan online tool untuk mendapatkan data serta menggunakan metode yang bervariasi untuk tetap bisa mendapatkan data yang valid serta meminimalkan bias.
“Seperti halnya, selain melakukan wawancara online maka peneliti bisa menambah data dengan menyebar kuesioner online, meneliti menggunakan data sekunder dengan systematic review ataupun data yang sudah tersedia,” ungkap Maggie.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.