KAMPUS TANGGUH BENCANA

Sebuah seminar kampus yang diadakan oleh organisasi FRESHT “FEDERATION OF RESCUE HEALTH TEAM”. dengan bertemakan, “Mewujudkan masyarakat kampus yang berkomitmen dan bersinergi dengan upaya pengurangan resiko bencana”. Seminar ini telah terlaksana pada hari Minggu, tanggal 27 Maret 2016, pukul 07.30 – 15.30 WIB. Bertempatkan di kampus terpadu ruang Auditorium B Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

FRESHT mengundang beberapa narasumber dari MDMC “Muhammadiyah Disaster Management Center” dan Tim pemadam kebakaran Yogyakarta. Mereka adalah Bapak Muhammad Farid selaku pemateri dari tim pemadam kebakaran. Kemudian Bapak Rifa’I Fauzan selaku instruktur dari pemadam kebakaran. Kemudian Bapak Al Afiq S.Kep., Ns., M.Sc. selaku pemateri dari MDMC. Kemudian, Bapak Ahmad Muttaqin Alim pengawas kegiatan mini simulasi. Seminar ini dihadiri oleh masyarakat kampus yang terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi berbagai program pendidikan seperti S1 Keperawatan, S1 Fisiotherapi, D3 dan D4 Kebidanan. Kemudian, tamu undangan perwakilan organisasi Universitas Aisyiyah Yogyakarta seperti BEM, IMM, HIMIKA, HIMAFI, HIMABIDA, dan 25 anggota FRESHT sendiri.

Mengangkat sebuah tema “Mewujudkan masyarakat kampus yang berkomitmen dan bersinergi dengan upaya pengurangan resiko bencana” yang bertujuan untuk mengajak masyarakat kampus terutama mahasiswa dan mahasiswi Universitas Aisyiyah Yogyakarta agar mengetahui apa yang bisa dilakukan ketika mereka berada dalam keadaan bencana didalam kampus maupun dilingkungan masing-masing. Acara ini juga bertujuan untuk mewujudkan kesiapsiagaan masyarakat kampus dalam menghadapi bencana terutama kebakaran dan memahami bagaimana manajemen suatu kondisi ketika terjadi bencana kebakaran. Dan peserta setelah mengikuti seminar ini mengerti bagaimana cara memadamkan api dengan alat sederhana seperti selimut dan penggunaan APAR.

Pada seminar ini juga membahas tentang manajemen penyelamatan korban bencana pra rumah sakit dengan teknik triage dan manajemen pasien ketika ia dibawa ke rumah sakit. Seminar ini, meskipun berdurasi singkat pada setiap sesi materinya para pemateri sedikit banyaknya telah memberikan ilmu dan pengalaman mereka pada bidangnya masing-masing.

Harapannya dengan diadakannya seminar kampus tangguh bencana ini, masyarakat kampus terutama mahasiswa dan mahasiswi mengerti apa yang harus dilakukan ketika mereka dihadapkan bencana alam terutama kebakaran baik dilingkungan kampus maupun dilingkungan mahasiswa dan mahasiwi masing-masing. Salam FRESHT ! SIAP SIAGA TANGGAP !

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.