Prodi Manajemen UNISA Yogya Gelar Workshop Metode Penelitian

Dalam rangka mendukung kegiatan penelitian dosen, Program Studi Manajemen Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta  mengadakan workshop metode penelitian dengan tema “Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif pada Bidang Ilmu Ekonomi, Sosial dan Humaniora untuk Meningkatkan Tradisi Riset di Perguruan Tinggi, di kampus UNISA Yogyakarta, Selasa (9/5).

Menurut Ketua Program Studi Manajemen, Fitri Maulida Rahmawati, SE., M.Si., Workshop ini diharapkan mampu menjadi sarana akademik dosen dalam upaya pengembangan kompetensi bidang ilmu dan riset di perguruan tinggi sesuai dengan potensi sumber daya manusia, fasilitas penelitian dan sarana pengembangan yang tersedia. Selain itu, workshop ini juga diharapkan dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan dan memperdalam pemahaman terhadap metode penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Lebih lanjut Fitri mengatakan bahwa program penelitian dimaksudkan dalam rangka mengarahkan para peneliti untuk meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan penelitian di perguruan tinggi. Sejalan dengan kebijakan desentralisasi penelitian oleh Ditjen Dikti, penelitian dosen merupakan salah satu skema penelitian yang diperuntukkan bagi dosen tetap di lingkungan perguruan tinggi.

Kualitas penelitian yang inovatif dan aplikatif diharapkan mampu dikembangkan melalui peningkatan kompetensi dosen pada bidang riset. Metode kualitatif dan kuantitatif dapat digunakan dalam merancang penelitian dalam bidang ilmu ekonomi, sosial dan humaniora. Pemilihan teori, variabel independensi dan moderasi yang sesuai, serta metodologi yang tepat akan menghasilkan luaran yang terdiseminasi dengan baik. Hal ini dapat berupa publikasi ilmiah dalam jurnal internasional atau nasional, maupun pengayaan buku ajar yang membawa kemanfaatan bagi mahasiswa dan masyarakat.

Workshop yang diikuti 50 peserta ini  menghadirkan dua narasumber yaitu Nurul Indarti, Sivilekonom, Cand.Merc., Ph.D. yang menjelaskan tentang Theoritical framework dalam penelitian kualitatif, metode grounded theory dalam penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data kualitatif.  Narasumber lainnya yaitu Dr. Indah Fatmawati, M.Si., menjelaskan tentang Paradigma penelitian kuantitatif, filosofi dasar model persamaan structural serta aplikasi confirmatory factor analysis, teknik memilih variable sesuai interdependensi dalam penelitian kuantitatif.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.