Prodi Psikologi UNISA Gelar Workshop Pelayanan Psikologis Pada Perawatan Paliatif

psiko2Program Studi Psikologi Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta menggelar workshop Manajemen Dan  Penatalaksanaan Pelayanan Psikologis Pada Perawatan Paliatif, di kampus terpadu UNISA, Jumat ( 20/1).

Menurut Ketua Program Studi Psikologi UNISA, Ratna Yunita, M.Psi., Psikolog., Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan Perawatan Paliatif sebagai perawatan aktif menyeluruh dari pasien yang memiliki penyakit yang sudah tidak merespon terhadap pengobatan kuratif.  Tujuan Perawatan Paliatif adalah mendapatkan kualitas hidup terbaik untuk pasien dan keluarga mereka, melalui kontrol nyeri dan gejala – gejala lainnya dan juga mengatasi masalah psikologis, sosial dan spiritual.

psiko3  psiko1Perawatan Paliatif membutuhkan manajemen dan tatalaksana aktif dari gejala – gejala termasuk didalamnya psikologis, sosial, finansial dan spiritual.  Hal tersebut membutuhkan kerja tim yang profesional yang dialamatkan pada prioritas pasiennya.
Lebih lanjut Ratna mengatakan workshop ini untuk membantu para psikolog klinis dalam melakukan perawatan paliatif secara psikologis bagi pasiennya secara professional. kegiatan ini ditujukan bagi para psikolog klinis terutama mereka yang bekerja di Puskesmas dan Rumah Sakit.
Mengundang narasumber Dra. Reni Kusumowardhani, M.Psi, Psikolog., workshop ini dilakukan dalam bentuk teori, diskusi dan kerja kelompok kecil, menyusun draft prosedur pelayanan. Harapannya aktivitas pelayanan Psikolog di rumah sakit nampak menjadi suatu pelayanan yang diharapkan sebagai pendekatan yang humanis sehingga mampu meningkatkan kemampuan adaptasi pasien dalam menghadapi penyakit yang dideritanya.
 
 
 
 
 
 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *