PUSTAKAWAN UNISA YOGYA, UMY, DAN UAD HARUS BISA MENULIS

 

perpus1 perpus2 perpus3Sabtu, 21 Januari 2017, bertempat di Meeting Room Kampus 2 Unit B Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, dilaksanakan Workshop Penulisan Kepustakawanan bagi Pustakawan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyyah se Daerah Istimewa Yogyakarta. Peserta Workshop adalah Pustakawan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA Yogya), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD).

Workshop juga dihadiri oleh Wakil Ketua Majlis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Widiyastuti, S.S,  M.Hum. Dalam sambutannya, Widiyastuti menyampaikan tentang pentingnya mengelola koleksi-koleksi milik tokoh-tokoh Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah oleh Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyyah/PTMA. Koleksi-koleksi yang tak kalah penting untuk dikelola adalah koleksi tentang tokoh-tokoh persyarikatan di seluruh nusantara ini.
Widiyastuti juga menyampaikan bahwa seharusnya PTMA sudah mulai memikirkan untuk membuka Program Studi tidak hanya Prodi yang sangat favorit, seperti kedokteran saja, namun Prodi Perpustakaan juga penting didirikan, mengingat banyaknya PTMA di Indonesia.
Ketua FSPPTMA, Drs. Lasa Hs, M.Si. yang menyampaikan tentang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh FSPPTMA, termasuk workshop kali ini. Workshop dengan pembicara Moh Mursyid, M.IP, yang menyampaikan berbagai hal terkait dengan penulisan, mulai dari menumbuhkan motivasi bagi pustakawan, menggali ide dan menentukan tema, serta membuat perangkat tulisan. Sesi terakhir dilanjutkan dengan praktik membuat tulisan yang nantinya akan dibukukan dalam bunga rampai kepustakawanan Perpustakaan PTMA, yang akan dibagikan saat Munas/Musyawarah Nasional FSPTMA, Maret 2017 di Surakarta.
Sebagai penutup, Irkhamiyati, M.IP, moderator sekaligus Kepala UPT Perpustakaan UNISA Yogya kembali mengingatkan kepada semua peserta untuk terus berlatih, sebab untuk bisa menulis butuh proses dan praktik yang nyata.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.