SAY Gandeng Kerjasama Penelitian dengan BKKBN DIY

STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta (SAY) kembali bekerjasama dengan BKKBN DIY dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Implementasinya yaitu dilakukannya kolaborasi penelitian tentang Faktor-faktor penyebab droup out peserta KB di DIY. Penandatangan MOU dilakukan di Kampus Terpadu SAY, Selasa (28/7).

Kepala BKKBN DIY, Dra. Hitima Wardhani, MPH., menjelaskan penelitian ini merupakan suatu upaya BKKBN untuk menjawab permasalahan program kependudukan dan keluarga. Kepesertaan KB di DIY cukup tinggi yaitu 70 %, namun peserta KB yang drop out sekitar 10 %. Hal ini merupakan permasalahan yang perlu di urai akar masalahnya.

Lebih lanjut Hitima menjelaskan Faktor-faktor yang menyebabkan peserta KB drop out antara lain aspek Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), aspek pelayanan, alat kontrasespsi dan sebagainya.

Sementara itu, Ketua STIKES ‘Asiyiyah Yogyakarta, Warsiti., S.Kp.,M.Kep.,Sp.Mat, menjelaskan bahwa kerjasama dengan BKKBN DIY sudah terjalin sejak lama. Dahulu di realisasikan dengan pelatihan pasang cabut IUD Implant. Saat ini kerjasama semakin diperluas dengan penelitian.

Harapannya, dengan kerjasama ini membuat nilai positif bagi kedua insitusi yatu STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta dan BKKBN DIY.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.