Unisa Yogyakarta Kirim 9 Relawan ke RS PKU Muhammadiyah Bantul

Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas `Aisyiyah Yogyakarta kembali mengirimkan relawan kesehatan, kali ini ke RS PKU Muhammadiyah Bantul, Senin (12/07).

Unisa Yogyakarta mengirimkan sebanyak 9 orang relawan tenaga kesehatan, yang terdiri 6 mahasiswa Program Studi Keperawatan dan 3 mahasiswa Program Studi Radiologi Fikes Unisa Yogyakarta. Para relawan diterima langsung oleh Rusti Budiah, S.H Kepala Seksi Kepegawaian RS PKU Muhammadiyah Bantul. Ke 9 relawan tersebut dengan sukarela mengajukan diri dengan membuat surat pernyataan dan tentunya menyertakan ijin dari orang tua masing-masing mahasiswa.

Dekan Fikes Unisa Yogyakarta M. Ali Imron, M.Fis mengatakan bahwa Unisa Yogyakarta telah melakukan mapping dengan mendata sejumlah mahasiswa yang secara sukarela untuk menjadi relawan tenaga kesehatan, yang bersedia membantu ke beberapa Rumah Sakit sesuai dengan kebutuhan dan kompetensinya antara lain keperawatan, teknik radiologi, kebidanan, keperawatan anestesiologi, fisoterapi dan teknologi laboratorium medis.  

“Kami mengirimkan relawan tenaga kesehatan mahasiswa tingkat akhir yang pastinya sudah memiliki skill serta kompetensi mumpuni di bidangnya masing-masing dan siap menjalankan tugasnya,” ucap Ali Imron.

Imron menambahkan selain mendata dan mempersiapkan relawan tenaga kesehatan untuk rumah sakit, Fikes juga melengkapi mahasiswa profesi yang sedang praktik lapangan dengan Alat Pelindung Diri (APD) dan support multivitamin, apabila terkonfirmasi positif dari pihak Unisa Yogyakarta sudah memfasilitasinya di Shelter Unisa.

“Mahasiswa yang positif dan isoman di kostnya pun tetap kita support memberi multivitamin dengan cara diantarkan langsung ke kostnya yang dikoordinasikan oleh tim IC post prodi,” tambahnya. Selain itu, 5 dosen senior Unisa Yogyakarta juga diminta untuk menjadi konsulen di isoman shelter Muhammadiyah Covid-19 Command Centre (MCCC).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *