Memasuki Fase Transformatif, UNISA Yogya Siapkan 25 Tendik untuk Serkom

Selasa (17/05), Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) UNISA Yogya gelar sosialisasi Sertifikat Kompetensi (Serkom) bagi Tenaga Kependidikan (Tendik). Sebanyak 25 Tendik UNISA Yogya siap mengikuti serkom. Dalam sharing session mengundang 3 narsum dari peserta lulus Serkom sebelumnya, Basit Adhi Prabowo, S.T. (Ka.BPTSI), Dewi Rahmawati,S.Psi.Psikolog. (Koordinator Administrasi SDM pada Biro SDM), dan Sinta Maharani, S.Sos. (Ka.Biro Humas & Protokol).

Pelatihan Serkom dilaksanakan kurang lebih selama 5 hari dan diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) Republik Indonesia. Nantinya, para peserta akan mendapatkan insightdari masing-masing lembaga yang sesuai dengan kompetensi, serta akan dikarantina dalam tahap tes akhir. Dewi Rahmawati dalam paparannya juga menjelaskan bahwa sertifikat akan berlaku selama 3 tahun.

“Agar dapat lolos sertifikasi, gunakan portofolio yang ada, tuliskan kelebihan diri yang dimiliki dan deskripsi diri,” ujar Dewi Rahmawati.

Sinta Maharani, juga memberikan tips kepada calon peserta agar bisa mencantumkan di portofolio pelatihan-pelatihan yang pernah diikuti kurang lebih dalam 3 tahun terakhir. Pelatihan yang dicantumkan merupakan pelatihan yang selinier serta penyelenggara yang kredibel. “Percaya diri dan do the best,” kata Sinta.

Basit Adhi juga memiliki motivasi dalam ikut serta Serkom, salah satunya bahwa sertifikasi tersebut bisa digunakan peningkatan poin dalam Akreditasi. Basit juga menjelaskan untuk mengikuti Serkom tersebut lebih baik sesuai dengan passion kita untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan dapat lulus. “Contohnya jika anda dari Biro Akademik namun memiliki job desk atau passion dalam Teknologi Informasi, ikuti saja dan itu lebih baik, karena akan lebih linier,” jelas Basit.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.