Literasi Arsitektur Kesehatan di Asrama Sul-Sel Bersama UNISA Yogya

Masih berjuang dalam menekan angka penularan Covid-19, Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta mengadakan literasi kesehatan di Asrama Sawerigading Sulawesi Selatan, Kamis (18/02). Acara yang diselenggarakan oleh Biro Humas & Protokol serta Biro Admisi UNISA Yogya, juga menggandeng Puskesmas Mergangsan dalam pemberian materi.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi sekaligus Dosen Prodi Arsitektur UNISA Yogya, Hapsari Wahyuningsih, ST,M.Sc., menjelaskan ada beberapa poin yang menjadi tolak ukur rumah sehat. Beberapa diantaranya memiliki kamar mandi/ toilet yang bersih, sarana air bersih, memiliki tempat pembuangan sampah dan air limbah, ventilasi yang baik, kepadatan hunian yang sesuai, serta tidak berlantai tanah.

Hapsari juga memaparkan, bahwa untuk di Asrama minimal tiap kamar terdapat jendela yang bisa dibuka untuk sirkulasi udara. Sirkulasi juga dapat dibantu dengan hembusan kipas angin yang diletakan pada sudut berlawan dari pintu atau jendela, namun penggunaan Air Conditioner (AC) tidak disarankan.

“Jendela sebaiknya dibuka tiga kali dalam sehari, pagi, siang, dan sore, namun pada malam hari tidak perlu karena udaranya juga sudah berbeda”, jelas Hapsari sembari melihat kamar-kamar yang berjejer di Asrama.

Selain itu, hadir pula Komarudin, S.Psi., M.Psi. Psi., selaku Kepala Biro Admisi sekaligus Dosen Prodi Psikologi UNISA Yogya, untuk memberikan motivasi. Komarudin menjelaskan, bahwa di era pandemi saat ini jangan berpasrah dengan keadaan, namun tetaplah berkarya dan dapat memberi semangat bagi adik-adik kelas.

Dengan telah mengantongi izin dari pejabat setempat, acara ini berhasil terselenggara dan dihadiri kurang lebih 30 audiens yang taat pada protokol kesehatan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *