Lomba Resensi Buku/CD Perpustakaan

Guna meningkatkan atmosfer akademik bagi mahasiswa, mempromosikan koleksi milik perpustakaan, dan mendorong minat bakat mahasiswa dalam dunia tulis baca, Perpustakaan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta (SAY) mengadakan lomba resensi buku/cd milik perpustakaan, 8-27 September 2014. Lomba ini mendukung VISI STIKES Aisyiyah Yogyakarta “Menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Terbaik di Indonesia pada tahun 2016”.

Menurut pustakawan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta (SAY), Irkhamiyati, SIP, Faktor yang melatarbelakangi diadakannya lomba resensi buku/cd milik perpustakaan adalah karena semakin maraknya efek kemajuan Teknologi Informasi yang berakibat terhadap berkurangnya jumlah kunjungan fisik sekaligus peminjaman koleksi perpustakaan. Kemudahan Teknologi Informasi membuat perpustakaan harus tetap bersaing dalam mempromosikan informasi yang dilayanankannya, termasuk koleksi buku dan CD miliknya. Kondisi tersebut menjadi perhatian khusus bagi Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan/STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta, dengan mengadakan lomba ini.

Lebih lanjut Irkham menjelaskan bahwa Resensi buku yang dimuat di media massa dengan subyek kesehatan dan subyek yang serumpun dengannya masih sangat sedikit. Hal itu bisa menjadi peluang bagi para mahasiswa untuk mengirimkan resensinya ke berbagai media massa dan sebagai media yang akan mempercepat penyebaran ilmu pengetahuan. Kegemaran menulis resensi akan semakin mengasah kemampuan dalam menulis dan menganalisis segala permasalahan dalam kehidupan. Resensi juga bisa membantu menambah uang saku. Perpustakaan Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta berupaya terus mendorong dunia tulis baca mahasiswa.

Penjurian yang dilakukan pada Senin (29/9) diputuskan enam pemenang lomba yang mendapatkan total hadiah lebih dari dua juta rupiah. Pemenangnya adalah Juara 1,Nurul Fatimah Susanti (DIV Bidan Pendidik); Juara 2, Hani Hanifah (Program Studi Ilmu Keperawatan S1); Juara 3, Erlia Pratiwi (Program Studi Ilmu Keperawatan S1); Juara harapan 1, Qurata Ayun (Prodi Ilmu Fisioterapi S1); Juara harapan 2, Asep Purnomosidi (Program Studi Ilmu Keperawatan S1); Juara harapan 3, dan Emilia Puspita Sari (Program Studi Ilmu Keperawatan S1).