Praktik Kebidanan Komunitas Kebidanan D4 :120 Warga Mengikuti Pemeriksaan IVA Gratis

Angka kejadian dan angka kematian akibat kanker serviks di dunia menempati urutan kedua setelah kanker payudara. Sementara itu dinegara berkembang masih menempati urutan teratas sebagai penyebab kematian akibat kanker di usia produktif. Di Indonesia setiap hari ditemukan 41 kasus baru dan 20 kematian sekaligus. Berdasar fenomena tersebut, Praktik Kebidanan Komunitas (PKK) Kebidanan D4 menggelar deteksi dini kanker serviks untuk warga desa Tirtohargo dan Parangtritis, Sabtu lalu (18/10).

Menurut Ketua Komunitas, Annisa Nur Fitriana, rangkaian kegiatan yang dilakukan pada acara tersebut antara lain penyuluhan dan pemeriksaan IVA gratis. Penyuluhan dimaksudkan agar ibu-ibu memiliki pengetahuan terkait kanker serviks dan pemeriksaan IVA, selain itu juga memotivasi agar para ibu memiliki kesadaran untuk melakukan pemeriksaan IVA secara berkala.

Pemeriksaan IVA gratis dihadiri oleh 120 warga desa, hal tersebut membuktikan antusiasme warga untuk memeriksakan keadaan kesehatan masing-masing. Harapannya kegiatan seperti ini rutin dilakukan agar derajat kesehatan masyarakat khususnya kaum ibu meningkat dan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta (SAY) mampu meningkatkan kualitasnya menjadi STIKES terbaik di Indonesia.