Prodi Keperawatan UNISA Memberikan Pembekalan Melalui Webinar

Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta melalui Program Studi Keperawatan Ners Fakultas Ilmu Kesehatan menggelar webinar yang bertemakan Manajemen APD Masa Covid-19 di Rumah Sakit, Sabtu (27/06).

Webinar ini dihadiri oleh mahasiswa- mahasiwi Profesi Keperawatan UNISA Yogyakarta, guna membekali diri dalam persiapan terjun langsung ke Rumah Sakit. Webinar kali ini menghadirkan Istiqomah, S.Kep.,Ns.,M.Sc dari RSUD Kota Yogyakarta dan Sri Martiasih, S.Kep.,Ns dari RSUD Wonosari sebagai pemateri.

Peserta diberikan pemahaman mengenai pencegahan dan pengendalian Covid-19 bagi tenaga kesehatan di Rumah Sakit. Selaras dengan pernyataan Suratini, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kom selaku Kaprodi Keperawatan, dalam sambutannya Suratini mengatakan bahwa pelatihan yang diadakan saat ini sangat penting sebelum memasuki Rumah Sakit, seperti pelatihan menggunakan APD hingga pelatihan-pelatihan dalam penanganan Covid-19 bagi tenaga kesehatan lainnya.

Istiqomah dari IPCN (Infection Prevention Control Nurse) RSUD Kota Yogyakarta dalam materinya memberikan pemahaman fundamental terkait pemahaman awal mengenai Covid-19, yakni apa itu Covid-19 dan bagaimana penularannya, serta bagaimana pengendalian atau pencegahan transmisi secara dasar.

“Tujuan utama presentasi ini adalah peserta diharapkan mampu memahami tentang pencegahan dan pengendalian Covid-19,” Ucap Istiqomah.

Istiqomah juga menegaskan bahwa pilar utama dalam pengendalian Covid-19 bagi tenaga kesehatan adalah hand hygiene / mencuci tangan secara teratur.

Sri Martiasih Dalam materinya menyampaikan poin-poin penting dalam penggunaan dan manajemen terhadap Alat Pelindung Diri (APD), mulai dari masker, sarung tangan, face shield, pakaian hazmat, dan sepatu pelindung.

“Penggunaan APD merupakan salah satu bagian dari kewaspadaan standar,” tutur Martiasih.

Dengan adanya webinar ini, diharapkan mahasiswa Profesi Ners memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam mempersiapkan diri pada aktualisasi penanganan Covid-19 di Rumah Sakit.

QR Code