SAY Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Tutorial

Penerapan pembelajaran tutorial di STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta (SAY) telah dimulai sejak tahun 2009. Pembelajaran tutorial bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan pemecahan masalah, meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi , bekerja dalam tim, mengorganisasi belajar mandiri. Pencapaian tujuan pembelajaran tutorial tersebut sangat ditentukan oleh keterlibatan mahasiswa sebagai peserta didik, dosen, sarana pendukung dan lingkungan belajar yang kondusif. Berdasarkan evaluasi TA 2013/2014, pelaksanaan tutorial menunjukan fenomena pembelajaran tutorial yang cenderung monoton. Menanggapi fenomena tersebut, SAY menyelenggarakan refreshing pembelajaran turorial bagi dosen tutor di kampus terpadu SAY, Kamis (5/2).

Menurut Wakil Ketua Bidang Akademik, Ismarwati, MPH., kegiatan tersebut sebagai upaya untuk memberikan pencerahan dan penguatan strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tutorial seluruh program studi di SAY. Sehingga diharapkan seteleh refreshing ini teridentifikasi strategi penyelesaian permasalahan-permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran. Selain itu juga teridentifikasi desain rencana pembelajaran tutorial yang mendukung pencapaian tujuan belajar serta terbentuknya skenario tutorial sebagai pemicu belajar yang berkualitas.

Dr. Wiwik Kusumawati, M.Kes sebagai narasumber memberikan beberapa materi antara lain strategi pembelajaran tutorial, penilaian pembelajaran tutorial dan optimalisasi peran mahasiswa dan peran dosen dalam tutorial. Setelah itu dilakukan simulasi tutorial oleh tim program studi dan dilanjutkan dengan diskusi.