Skip to main content
PMB UNISA
Pelatihan lab di unisa

TRAINING DAN WORKSHOP KALIBRASI ALAT DAN PERAWATAN MIKROSKOP

Dalam dunia kesehatan maupun pendidikan kesehatan tidak terlepas dari kegiatan praktikum, penelitian dan pengabdian masyarakat yang memerlukan perlengkapan berupa alat-alat ukur maupun alat-alat percobaan. Alat yang paling banyak digunakan pada  pengukuran maupun eksperiman diantaranya meliputi timbangan neraca, sentrifuge, pipet ukur maupun mikroskop. Peralatan tersebut untuk dapat berfungsi dengan baik perlu dilakukan pemeliharan maupun kalibrasi, hal ini diperlukan adanya pengetahuan dan ketrampilan dalam pemilihan jenis alat,  perawatan  dan metode kalibrasi yang tepat, khususnya bagi laboran yang bekerja di laboratorium, dosen pembimbing, tenaga pelayanan di rumah sakit dan mahasiswa perlu menguasai teknik kalibrasi dan perawatan mikroskop ini.

Mengingat peran seorang laboran sangat penting dalam menunjang seluruh aktifitas di laboratorium, maka kemampuan dan kompetensinya penting untuk di tingkatkan. Dimana hal ini perlu di persiapkan mengingat kemajuan teknologi, perkembangan ilmu pengetahuan terus berkembang sehingga wawasan dan peran seorang tenaga laboran sangat di butuhkan untuk menjawab semua tantangan tersebut.

Melalui program Training dan Workshop Kalibrasi Alat dan Perawatan Mikroskop ini diharapkan laboratorium dan laboran dapat terstandar dalam menunjang proses pembelajaran, pelayanan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkesinambungan, sehingga seluruh infrastruktur di laboratorium siap dan mampu menjawab tantangan jaman dan teknologi yang terus berkembang serta daya saing yang terus meningkat.

Training ini diselenggarakan melalui kerjasama antara UPT Laboratorium Terpadu dengan program studi DIV Teknologi Laboratorium Medik (TLM), Sabtu (10/3) Pukul 07.30 – 16.00 WIB di Kampus Terpadu Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Kegiatan ini diikuti oleh 48 peserta yang berasal dari berbagai instansi, diantaranya dari Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Respati Yogyakarta, RSJD Klaten, Klinik Pratama Aisyiyah Sewugalur Kulonprogo, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Gadjah Mada, Dosen TLM dan Bioteknologi UNISA serta mahasiswa Prodi DIV TLM UNISA.

Adapun Pemateri dalam pelatihan ini yaitu Isnin Aulia Ulfa M, M.Sc, dan Titin Aryani, M.Sc, (dosen TLM UNISA) serta dari tim dari PT. Alfa Scale Indonesia dan tim CV. Farmedix.

QR Code