UNISA Memberikan Strategi Tembus Jurnal Internasional Melalui Webinar

Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta melalui Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) menggelar webinar yang bertemakan Majelis Ilmu Strategi Tembus Jurnal Terindeks Scopus, Rabu (01/07).

Webinar yang diselenggarakan secara nasional ini dihadiri oleh tenaga pendidikan seperti guru dan dosen sebagai peserta webinar. Selanjutnya, webinar kali ini menghadirkan Dr. Askuri selaku dosen Unisa Yogya sebagai narasumber.

Dra. Umu Hani EN, M.Kes selaku Ketua LPPI Unisa Yogya memberikan sambutan tentang pentingnya cara untuk berhasil memasukkan hasil karya tulis bagi para dosen ataupun guru. Umu Hani mengatakan, bahwa webinar ini juga penting sebagai kiat para dosen untuk memenuhi kebutuhan sertfikasi dosen, kebutuhan pengembangan karir dosen (PKD), meningkatkan fungsional, serta kinerja bagi para peserta webinar.

Sebagai prolog, Askuri menjelaskan perjalanan karirnya dalam penulisan jurnal internasional. Melalui input jurnal, Askuri pernah mendapatkan Grand Research dari National Academy of Science dan National Science Foundation dari Amerika Serikat, selain itu Askuri juga mendapatkan penghargaan nasional berupa Grand Research dari LPDP untuk risetnya tentang penamaan seseorang.

“Scopus hanya salah satu metrics instruments untuk mengukur dampak jurnal dan artikel dalam jurnal, seberapa banyak jurnal tersebut dikutip oleh para penulis atau peneliti di dalam jagat internet,” Ujar Askuri.

Dalam materinya, Askuri memaparkan beberapa hal yang menjadi strategi agar jurnal bisa tembus terindeks Scopus, seperti pemahaman tentang indeks Scientific Journal Rankings (SJR) pada sebuah publisher jurnal, menciptakan gagasan otentik, pemahaman terkait relevansi gagasan peneliti dengan jurnal-jurnal lainnya, serta mencari rekan internasional yang memiliki reputasi baik.

Dengan adanya webinar ini, diharapkan dosen atau guru mampu memahami dan menerapkan strategi-strategi tersebut dalam upaya memasukkan jurnal yang terindeks Scopus.

QR Code