UNISA FEST 2017: Launching Teaser Film Nyai Ahmad Dahlan

meet n greet NADNyai Walidah atau Nyai Ahmad Dahlan merupakan merupakan tokoh emansipasi perempuan dari Kauman, kampung santri di Yogyakarta. Pada zamannya, Nyai Ahmad Dahlan ini menjadi panutan kaum perempuan. Nyai Ahmad Dahlan ini pernah menjadi perempuan yang memimpin Kongres Muhammadiyah tahun 1926.
Semangat mengenalkan sosok Nyai Ahmad Dahlan kepada semua pihak coba disampaikan oleh  Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta saat acara UNISA FEST 2017 (rangkaian milad UNISA ke-54), serta segenap keluarga besar Nyai Ahmad Dahlan melalui sebuah film. Melalui rumah produksi Iras Film, film ini menyajikan perjuangan dan perjalanan Nyai Ahmad Dahlan dengan menampilkan David Chalik sebagai salah satu tokoh, serta tokoh-tokoh lain yang dimainkan oleh keluarga Nyai Ahmad Dahlan yang diharapkan dapat semakin meningkatkan semangat dalam meneruskan perjuangan Nyai Ahmad Dahlan.
Sutradara Fim Nyai Ahmad Dahlan, Olla Ata Adonara mengaku bangga atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya untuk turut menjadi bagian dalam menyuguhkan sebuah catatan sejarah. Hal ini mengingat kiprah ‘Aisyiyah yang telah ada jauh sebelum Indonesia merdeka.
“Jadi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ini diibaratkan seperti prasasti. Maka saya dan seluruh kru film merasa bangga bahwa telah mewariskan sedikit catatan di prasasti dalam mempersiapkan bangsa ini kedepan,” tuturnya dalam Launching Teaser Film Nyai Ahmad Dahlan pada Sabtu (20/5) di Kampus Unisa Yogyakarta.
Film ini, kata Olla, merupakan sebuah film yang tidak hanya menyuguhkan tontonan, namun juga tuntunan sehingga dapat dinikmati oleh semua.
David Cholik yang berperan sebagai KH Ahmad Dahlan mengungkapkan bahwa menjadi kehormatan baginya dapat bermain di dalam film ini. “Diharapkan film ini dapat menjadi syiar kepada seluruh lapisan masyarakat tentang bagaimana posisi perempuan dalam Islam,” pungkasnya.
 
 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.