UNISA Yogyakarta Wujudkan Tenaga Kependidikan yang PAKAR

Baitul Arqam tenaga kependidikan (tendik) masih berlangsung hingga 18 Juni 2022. Dalam kesempatan kali ini turut mengundang Ketua Majelis Dikti Pimpinan Pusat Aisyiyah, Prof. Siti Muslimah Widyastuti,  sebagai narasumber pada sesi pendalaman materi.

Muslimah Widyastuti menyampaikan bahwa untuk mewujudkan tenaga kependidikan UNISA Yogyakarta yang Profesional, Amanah, Kolaboratif, Akhlak Mulia dan Raih keunggulan (PAKAR) perlu memahami peran, nilai dasar, memiliki aspirasi serta perencanaan berbasis inovasi yang baik.

Lebih lanjut Muslimah Widyastuti menjelaskan perencanaan berbasis inovasi meliputi (1) context, yaitu institusi perlu mengidentifikasi permasalahan internal dan eksternal serta tren dimasyarakat agar dapat menyusun SWOT sebagai upaya peningkatan manajemen kependidikan. (2) leadership, yaitu setiap pimpinan perlu menunjukkan perilaku kepemimpinan dan komitmen untuk mengembangkan inovasi, strategi dan kebijakan. (3) planning, perumusan orientasi dan struktur institusi serta inovasi perlu didasarkan pada arahan pimpinan dan analisis SWOT. (4) support, yaitu perlunya SDM yang kompeten dibidangnya serta dukungan sarpras yang memadai. (5) evaluation, yaitu evaluasi pelaksanaan kebijakan perlu dilakukan secara rutin untuk mengidentifikasi kekurangan yang ada. (6) improvement, yaitu pengembangan kelembagaan selanjutnya perlu didasarkan pada hasil evaluasi. Muslimah berpesan, sebagai tendik perlu memiliki prinsip etos kerja yaitu kerja adalah ibadah, kerja adalah amanah, kerja adalah amal sholeh, kerja itu keras dan harus halal.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.