Dukung Mutu Kebidanan, UNISA Yogya Gelar T.O. UKOMNAS Kebidanan

Salah satu upaya peningkatan mutu lulusan mahasiswa bidang kesehatan adalah dengan kelulusan Uji Kompetensi Nasional (UKOMNAS). Prodi Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatann (FIKES) Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta, turut berpartisipasi dalam kegiatan Try Out Uji Kompetensi Kebidanan bagi Mahasiswa Vokasi dan Profesi Kebidanan yang diselenggarakan tanggal 17-18 April 2021 di Ruang Computer Based Test (CBT) UNISA Yogyakarta.

CBT UNISA Yogyakarta menjadi salah satu Tempat Uji Kompetensi (TUK) untuk kegiatan Try Out Uji Kompetensi Bidan Indonesia (TO UKBI) yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan (LPUK NAKES) bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND). Kegiatan TO UKBI dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

TO UKBI diikuti sebanyak 159 peserta dari Prodi D3 Kebidanan UNISA Yogya 36 peserta, Prodi Profesi Kebidanan UNISA Yogya 64 peserta, Poltekes Semarang 9 peserta, STIKes Akbidyo 49 peserta dan Universitas Respati Yogyakarta 1 peserta dengan dibagi menjadi 4 sesi dengan Pengawas Pusat Dr. Heni Puji Wahyuningsih, S.SiT., M.Keb. Seluruh proses kegiatan TO UKBI di CBT Center Universitas ‘Aisyiyah Yogyakara dilakukan sesuai dengan standar protokol kesehatan COVID 19 yang ketat.

Wakil Dekan I FIKES UNISA Yogya, Anjarwati, S.SiT., MPH menyampaikan bahwa FIKES UNISA Yogya memberikan dukungan penuh dalam kegiatan Try Out (TO) uji kompetensi sebagai implementasi kerjasama dalam penyelenggaraan uji kompetensi nasional tenaga kesehatan. Selama ini sudah sering dilaksanakan TO dan Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan di UNISA Yogyakarta meliputi Profesi Ners, Fisioterapi, Teknologi Laboratorium Medis, dan lainnya. 

“Harapan untuk semua peserta TO UKBI adalah lebih siap menghadapi Uji Kompetensi Nasioanal Tenaga Kesehatan dan mencapai persentase kelulusan uji kompetensi yang lebih baik.”, kata Anjarwati.

Selanjutnya, Ketua Prodi D3 Kebidanan, Nurul Kurniati, S.ST., M. Keb., menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program rutin yang dilaksanakan oleh Prodi Kebidanan. Selain melakukan pembekalan TO di internal prodi sebagai salah satu ikhtiar dalam  menyiapkan mahasiswa Program Studi Kebidanan yang akan menempuh UKOMNAS Bidang Kesehatan untuk menghadapi kebijakan terkait uji kompetensi exit exam yang sudah akan diberlakukan pada tahun ini.