UNISA Yogya Terjunkan Mahasiswa KKN Mubaligh Hijrah

Pada bulan Ramadhan 2021 Masehi/1442 H, ini UNISA Yogya menyelenggarkan KKN Muballigh Hijrah, sebanyak 37 mahasiswa diterjunkan, Selasa (13/04). Kegiatan tersebut difokuskan ke Masjid-Masjid di Kabupaten Sleman dan Bantul Yogyakarta. Mahasiswa dibagi menjadi 5 kelompok di Masjid daerah Kecamatan Gamping diantaranya di Desa Ambarketawang, Banyuraden, Nogotirto dan Trihanggo serta Masjid di dusun Beton, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Ditiap lokasi akan dibimbing oleh satu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Islamiyatur Rokhmah, S.Ag., M.S.I., dari tim Lembaga Pengamalan dan Pengkajian Agama Islam (LPPI) UNISA Yogya dan selaku DPL di Desa Ambarketawang menjelaskan, KKN pada masa pandemi ini akan dilaksanakan dengan metode kombinasi online dan offline. Penerjunan mahasiswa dimulai pada Selasa, 13 April 2021 atau tepatnya pada tanggal 1 Ramadhan 1442 Hijriyah. Nantinya, kegiatan lebih difokuskan pada kegiatan keagamaan, kesehatan, pendidikan dan ekonomi  yang dilakukan secara kelompok dan Individu. Mahasiswa wajib melaksankan kegiatan kelompok sebanyak 4 kali baik secara online atau offline, selain itu untuk 21 hari mahasiswa juga wajib melakukan kegiatan individu di masjid tempat tinggalnya masing-masing.

Pembekalan telah dilaksanakan pada hari sebelumnya kepada Mahasiswa oleh Ustadz Talqis Nuryanto dan Ustadz N. Satria Abadi dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM), Luluk Rosida,MKM dan Fayakun Nur Rohmah,MPH dari Lembaga Penelitan dan Pengabdian Masyrakat (LPPM) UNISA Yogya, dan Royan Utsani, Lc, M.SI dari Lembaga Pengamalan dan Pengkajian Agama Islam (LPPI) UNISA Yogya.

Pembekalan meliputi materi Da’wah baik Aqidah, Akhlaq dan Kemuhamamdiyahan, selain itu materi tentang teknis pengisian log book dan pengarahan tentang teknis KKN dan lokasi KKN Mubaligh Hijrah.