Skip to main content
PMB UNISA

Guest Lecture Bioteknologi Unisa Hadirkan dosen dari Malaysia

Guest Lecture yang diadakan oleh Program Studi Bioteknologi Universitas `Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta di Hall 4 Baroroh Barried menghadirkan pemateri dari Universiti Malaysia Pahang (UMP), Senin (28/5).

Kuliah umum yang menghadirkan Assoc. Prof. Dr. Agus Geter Edy Sutjipto sebagai pemateri adalah Head of Advanced Materials Research Cluster Faculty of Industrial Sciences and Technology Universiti Malaysia Pahang. Adapun kuliah umum yang disampaikan Agus yaitu bertema Biosensor Based on Field Effect Transistor.

Taufiqur Rahman, SIP., MA., Ph.D selaku Wakil Rektor I Unisa dalam sambutanya menyampaikan rasa terimakasih kepada Assoc. Prof. Dr. Agus Geter Edy Sutjipto atas kesedianya meluangkan waktu untuk hadir di Unisa dan mengisi materi dalam kuliah umum, dan Unisa dengan UMP terus bisa bekerjasama

“Semoga kerjasama ini bisa terus berlanjut, sehingga membawa banyak manfaat bagi mahasiswa Bioteknologi Unisa dan UMP,” ujar Taufiq.

Kuliah umum yang bertemakan Biosensor Based on Field Effect Transistor ini dihadiri mahasiswa dari Unisa dan beberapa perguruan tinggi yang ada di Yogjakarta.

Agus menjelaskan bahwa seperti mendiaknosa suatu penyakit malaria pada waktu itu belum ada sensor yang bisa mendiaknosis virus penyebab malaria, sehingga memerlukan waktu untuk mengetahui indikasi gejala malaria, maka dari itu perlu sensor yang bisa mendeteksi benda – benda yang sangat kecil dalam ukuran nano atau mendekati ukuran electron.

“Dalam menggunakan teknologi Nano ini dengan Field Effect Transistor perlu adanya media, kita tidak bisa mengukur langsung karena ini bersifat elektrik,” tambah Agus.

Pria kelahiran Klaten ini mengaku sangat senang bisa memberikan kuliah umum di Unisa, karena di Unisa memiliki program studi Bioteknologi yang sama dengan ditempatnya bekerja sekarang yaitu Universiti Malaysia Pahang.

QR Code