Jurnal Unisa Terakreditasi Dikti

Jurnal kebidanan dan keperawatan (JKK) Universitas `Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta meraih akreditasi Sinta 3 dari Kemenristekdikti, Selasa (22/5).

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unisa sebagai unit kerja yang melaksanakan tugas penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah sebagai pelaksana Tridharma Perguruan Tinggi,baru menerima kabar bahwa jurnal mereka mendapatkan akreditasi Sinta 3 melalui laman website Ristekdikti.

Seperti yang diungkapkan oleh Sarwinanti, APP., S.Kep., Ns.M.Kep., Sp.Mat kepala LPPM Unisa bahwa jurnal yang dipersiapkan dan digodok dan akhirnya mendapatkatkan akreditasi Sinta 3 yaitu JKK karena termasuk jurnal tertua.

“Teman- teman dari Relawan Jurnal Indonesia kemarin banyak membantu kita dalam mempersiapkan pengelolaan jurnal agar layak diajukan,” tambah Sarwi.

Menurut Sarwi, Sinta adalah pusat indeks sitasi dan kepakaran terbesar di Indonesia. Sistem informasi riset berbasis web ini menawarkan akses cepat, mudah dan komprehensif untuk mengukur unjuk kerja peneliti, institusi dan jurnal di Indonesia. Sinta menyediakan benchmark dan analisis, identifikasi kekuatan riset tiap institusi, memperlihatkan kolaborasi penelitian, menganalisis tren penelitian dan direktori pakar. Sinta juga diinisiasi oleh direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, dengan melibatkan pakar dan berbagai institusi di seluruh Indonesia.

Berdasar surat edaran dirjen risbang kemenristekdikti no.227/IV/2017 sinta digunakan oleh kemenristekdikti sebagai mesin rujukan untuk pembuatan turunan produk hukum kemenristekdikti terkait publikasi dan penelitian di Indonesia.

Kepala LPPM Unisa mempunyai target untuk meraih Sinta 1 meskipun nantinya membutuhkan proses yang panjang, akan tetapi setelah mendapatkan akreditasi Sinta 3 ini LPPM Unisa akan segera melakukan evaluasi untuk mengajukan Sinta 2.

QR Code