Mahasiswa STIKES ‘Aisyiyah Terpilih menjadi peserta 2nd HPEQ

Mahasiswa Program Studi Kebidanan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta  terpilih menjadi peserta   2nd Health Professional Education Quality (HPEQ) International Conference, di Bali, pada pertengahan Desember 2011 lalu. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kursi untuk peserta dari kalangan mahasiswa sangat terbatas. Maka ada persyaratan khusus yang harus di penuhi bila ingin menjadi peserta konfrensi internasional yang sangat bergengsi itu.  Antara lain harus membuat esai bahasa inggris dengan 3 tema yang sudah ditentukan oleh panitia HPEQ itu sendiri. Diantaranya adalah • Interprofessional education • Student’s role in Educational Governance • Student’s view on HPE System in Indonesia, yang  kemudian dari seluruh Indonesia akan diambil 70 pemenang untuk mengikuti konfrensi internasional dengan gratis.

   Melalui kompetisi itu, Ermiatun, mahasiswa Kebidanan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta berhasil terpilih menjadi peserta dan merupakan satu-satunya mahasiswa kebidanan dari Propinsi DIY . Hal ini merupakan suatu kebanggan karena dapat bertemu dan berbagi dengan  peserta dari seluruh institusi di Indonesia yang terdapat 7 profesi didalamnya yaitu, kedokteran umum, kedokteran gigi, kebidanan, keperawatan, gizi, farmasi, dan kesehatan masyarakat. Selain mahasiswa, peserta konferensi terdiri dari Pimpinan Perguruan Tinggi dan pimpinan program studi/jurusan dari 7 profesi tersebut yang diundang oleh panitia.

Perlu diketahui HPEQ 2011 mengambil tema “Promoting Health Through Interprofessional Education”. Acara ini merupakan forum bagi praktisi kesehatan Indonesia dalam berbagi pengalaman, praktek, hambatan dan tantangan serta capaian implementasi program untuk meningkatkan kualitas pendidikan kesehatan.Ada 17 pembicara internasional dan 20 pembicara nasional yang  mengisi sesi ilmiah. Mereka ahli di bidang penjaminan mutu, assessment, kemitraan, dan pendidikan internasional.

Konferensi ini mengemban misi mensosialisasikan arah kebijakan bagi pendidikan tinggi bidang kesehatan kepada institusi penyelenggara pendidikan dan masyarakat. Menjaring aspirasi masyarakat untuk pendidikan tinggi kesehatan di Indonesia, juga menjadi tujuan ajang ini.

Secara lebih spesifik, tujuan HPEQ adalah untuk memperkuat kualitas kebijakan pendidikan bidang kesehatan di Indonesia melalui pengembangan prosedur dan standar uji kompetensi dan sertifikasi bagi tenaga kesehatan secara nasional, dan pembangunan kapasitas institusi untuk menerapkan standar akreditasi dan uji kompetensi.