Mahasiswa UNISA Yogya Ikuti Virtual Internship di Mahidol University

Sebanyak 10 mahasiswa Prodi S1 Fisioterapi Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta, mengikuti “Physical Therapy Student Exchange and Internship between Thailand and Indonesia” yang diselenggarakan oleh Faculty of Physical Therapy, Mahidol University, Thailand. Kegiatan ini berlangsung dari 16 Juni – 18 Agustus 2021.

 

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UNISA Yogyakarta, Moh.Ali Imron, M.Fis., turut berkontribusi mengisi salah satu sesi dalam kegiatan ini. Mahasiswa yang tergabung telah melalui proses seleksi berupa wawancara, kelengkapan dokumen, dan direkomendasikan oleh Program Studi (Prodi). Kegiatan seleksi melibatkan Prodi Fisioterapi dan Koordinator Kerjasama Internasional UNISA Yogyakarta.

 

Kepala Biro Kerjasama dan Urusan Internasional (BKUI) UNISA Yogyakarta, Cessa Septiana Pratiwi,Ph.D., menjelaskan, Selama kegiatan ini mahasiswa akan mempelajari lebih dalam mengenai Transcranial Magnetic Stimulation (TMS), Transcranial Direct Current Stimulation (TDCS), Ultrasound lmaging, dan berbagai topik spesial lainnya terkait Fisioterapi. Keterlibatan mahasiswa dan dosen dalam kegiatan pertukaran pelajar dan internship virtual ini sejatinya merupakan acara rutin tahunan, yang diadakan sebagai salah satu bentuk kerjasama antara UNISA Yogyakarta dan Mahidol University yang telah terjalin selama hampir 10 tahun.

 

Kerjasama di tahun 2020, 4 mahasiswa Prodi Fisioterapi telah menempuh program internship selama 4 minggu pada program Physical Therapy di Mahidol University. Dikarenakan pandemi Covid-19, maka kegiatan internship ini dilakukan secara virtual.