Mengetahui Peran Institusi Kesehatan di Webinar Kebidanan Unisa

Program Studi Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas `Aisyiyah Yogyakarta bekerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ranting Unisa Yogyakarta mengadakan webinar kebidanan ke- 2, Selasa (30/06).

Webinar kebidanan ke- 2 mengusung tema Peran Institusi Kesehatan Selama Pandemi, narasumber dalam kegiatan webinar kali ini Dr. Mufdlilah.,S.SiT., MSc selaku Staff Ahli Rektor Unisa Yogyakarta sekaligus ketua AIPKEMA, pembicara ke 2 Debrah Lewis, CNM, MSc yang pernah menjabat sebagai Vice President ICM 2011-2014.

Dalam kesempatan ini Debrah menyampaikan bahwa setiap pendidik dalam masa pandemi Covid-19 ini klinikal kompetensi masih sangat diperlukan dan tidak bisa digantikan dengan strategi yang sudah ada seperti secara online dan sebagainya, ketrampilan merupakan seuatu yang dibutuhkan dalam pendidikan kebidanan karena sebagai lulusan bidan mereka harus kompeten dan tau betul akan standar pelayanan yang akan dilakukan, serta standar keamanan bagi mereka sendiri beserta pasienya.

Mufdlilah dalam paparanya mengatakan pandemi Covid-19 menimbulkan dampak luar biasa termasuk disektor pendidikan, karena membawa efek kecemasan dan ketidakpastian, dan kita membutuhkan inovasi sebagai pendidik ataupun pengelola pendidikan untuk mensuport peserta didik.

“Kita perlu menggunakan inovasi teknologi sebagai alat bantu pembelajaran seperti video, telemedicine,” ucap Mufdlilah.

Selain itu Mufdlilah menambahkan disaat seperti ini sangat diperlukan jejaring dan kolaborasi untuk mensuport mahasiswa mencapai tujuan pendidikan, serta apabila pandemi berakhir hal- hal positif yang sudah dilakukan bisa dilanjutkan dengan metode blended learning.

QR Code