Prodi Bidan Pendidik DIV Gelar Pelatihan Perseptor Mentor dan Pengelolaan Laboratorium

Sejumlah 334 lulusan Program Studi (Prodi) Bidan DIV Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta mendapatkan pelatihan perseptor  mentor  dan pelatihan pengelolaan laboratorium. Pelatihan ini digelar oleh Prodi  Bidan Pendidik DIV UNISA Yogyakarta, 21-31 Agustus 2017, di kampus UNISA Yogyakarta.

Menurut  Ketua Prodi Bidan Pendidik DIV, Fitria Siswi Utami, MNS., sejak tahun 2016  Prodi Bidan Pendidik Jenjang Diploma IV UNISA Yogyakarta melakukan perubahan kurikulum dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) berubah ke Kurikulum Pendidikan Tinggi yang tentunya memberikan implikasi pada berbagai perubahan termasuk dalam menyiapkan lulusan Prodi Bidan Pendidik Jenjang Diploma IV  untuk mampu menjadi tenaga pembimbing klinik/Clinical Instructure  (CI) dalam memberikan bimbingan kepada mahasiswa agar mencapai kompetensi yang diinginkan. Pada kondisi ini maka peranan seorang CI  sangat penting dalam setiap tahapan praktik peserta didik sejak di tatanan laboratorium sampai pada tatanan klinik atau lapangan yang nyata.

Diselenggarakannya pelatihan perseptor mentor  dan pelatihan pengelolaan laboratorium menyongsong pendidikan profesi bidan dengan suplemen patient safety bagi alumni  DIV bidan pendidik tahun 2017 ini sesuai dengan misi Prodi DIV Bidan Pendidik yaitu mengembangkan Program Studi Kebidanan Jenjang Diploma IV sebagai pusat pelatihan, penelitian, pelayanan, dan rujukan pendidikan kebidanan di tingkat nasional.

Lebih lanjut  Fitria mengatakan, kurikulum Prodi Bidan Pendidik Jenjang Diploma IV tidak hanya di arahkan untuk dapat menghasilkan bidan yang profesional memiliki ilmu pengetahuan khususnya ilmu kebidanan menerapkannya dalam asuhan kebidanan pada klien, baik sebagai individu, keluarga, dan kelompok masyarakat namun juga dengan level Diploma IV lulusan di harapkan memiliki kemamapuan lebih yaitu mampu CI di lahan praktek, sehingga pelatihan preceptor dan mentor diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas lulusan dalam hal melakukan pembimbing klinik sehingga akan berdampak pada peningkatan kualitas bimbingan klinik pada mahasiswa agar bisa teracapai kompetensi yang ditetapkan serta mamapu melakukan pengelolaan pembelajaran laboratorium.

Lulusan diharapkan lebih siap dan profesional dalam membimbing mahasiswa untuk praktik klinik di rumah sakit dan mampu melakukan pengelolaan pembelajaran laboratorium. Lewat pelatihan ini, diharapkan bisa memfasilitasi lulusan untuk mendapatkan sertifikasi pembimbing klinik dan memiliki kompetensi handal untuk mendidik mahasiswa kebidanan menjadi bidan yang profesional dan berkualitas serta memiliki sertifikat pengelolaan pembelajaran laboratorium. Kegiatan pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan tentang manajemen pendidikan klinik, desain pendidikan klinik yang tepat untuk dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan pelayanan di klinik sehingga proses bimbingan mahasiswa di lahan praktik sesuai dengan tujuan pembelajaran klinik.