Skip to main content
PMB UNISA

Upaya Promotif dan Preventif Sukseskan SDG’S

Upaya Promotif dan Preventif Sukseskan SDG’S

upaya promotif sdgs
upaya promotif sdgs

Upaya  promotif dan preventif sangat dibutuhkan dalam mensukseskan Sustainable Development Goals (SDG’S). Hal ini bisa dilakukan oleh para tenaga kesehatan terutama bidan. Demikian yang dijelaskan oleh Prof. Dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph. D., saat menjadi keynote speaker seminar nasional s2 kebidanan UNISA, di Hall Baroroh Baried UNISA Yogyakarta, minggu lalu.

Lebih lanjut Ali Ghufron mengatakan, bidan harus mampu berkomunikasi baik dengan masyarakat maupun teman sejawat. Bidan mempunyai tugas memberi literasi kesehatan kepada para ibu agar memiliki wawasan tentang kesehatan dirinya dan bisa membuat keputusan yang terbaik untuk kesehatannya,Sehingga upaya pencapaian SDG’S dapat dilaksanakan. Pada intinya promosi dan preventif itu penting agar orang tidak sakit.

Selain itu agar masyarakat Indonesia menjadi sehat dan cerdas, pemerintah harus menjalankan 3 hal yaitu high quality of care, quality education dan economic. ‘’Bila 3 hal tersebut dijalankan pemerintah dan dirasakan oleh masyarakat, maka bisa mewujudkan masyarakat sehat dan cerdas’’, kata Ali Ghufron.

Saat ini peran perguruan tinggi tidak cukup sebagai pendidikan saja melainkan juga sebagai culture development ( membangun kultur/karakter) dana gen economic development. ‘’Perguruan tinggi berkewajiban untuk membangun integritas, kerja tegas, tuntas dan ikhlas’’, pungkas Ali

Seminar Nasional dengan tema Peran Bidan Untuk Mensukseskan SDG’S Melalui Asuhan Promotif dan Preventif ini, menghadirkan pula narasumber lainnya yaitu Prof. Dra., Yayi Suryo Purbandari, M.Sc., Ph. D , tentang bahaya asap rokok pada ibu hamil sebagai perokok pasif. Dr. Tri Hastuti Nur Rochimah, M.Sc tentang peran bidan dalam upaya advokasi perempuan. Serta Dr. Mufdlilah, S.Si.T., M.Sc tentang pelaksanaan ANC Terpadu di fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Sejumlah 250 peserta dari berbagai insitusi kesehatan dan pendidikan mengikuti kegiatan seminar nasional ini.

 

QR Code