Mahasiswa S2 Kebidanan UNISA Study Visit di Thailand

Sebanyak 50 mahasiswa S2 Kebidanan Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta melakukan kegiatan ke kebeberapa fakultas yang dilaksanakan tanggal 14-24 Februari 2017di Mahidol University Thailand. Kegiatan International Practice Project ini termasuk kedalam modul pembelajaran yang harus ditempuh mahasiswa S2 Kebidanan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa S2 Kebidanan (UNISA).
Menurut Ketua Program Studi S2 Kebidanan, Prof. dr. M. Hakimi, SpOG (K)., Ph.D. kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sistem pendidikan dan pelayanan kebidanan di Thailand, peningkatan status kesehatan dan kualitas pelayanan kesehatan perempuan melalui pelatihan publikasi ilmiah terindex, Health Technology Assessment (HTA) dalam layanan kebidanan center of excellent Siriraj Hospital/ Mahidol University serta perbedaan budaya dalam pelayanan kebidanan/ kesehatan reproduksi di Thailand.
 
Misi penting lainnya adalah meningkatkan jejaring internasional  antara UNISA dengan beberapa fakultas di Mahidol. Pembicaraan rencana MoU dengan Nursing Faculty dan pengembangan kegiatan MoU dengan Physical  Therapy yang akan diperpanjang tahun 2018.
 
Dalam kegiatan ini turut serta Warsiti MKep. Sp.Mat (rektor UNISA), Dr. Mufdlillah (dosen S2 Kebidanan UNISA) dan Indriani MSc (Koordinator Kerjasama Internasional UNISA). Pertemuan dengan Dekan Nursing Faculty (Dr. Yajai Sitthimongkol) untuk membahas rencana MoU antar universitas dan dengan Dekan Physical Therapy (Assoc. Prof.Dr. Rongtiwa Vachalathiti) beserta International Offce relation dalam pengembangan MoU yang sudah terjalin. Kunjungan ke KBRI Thailand juga menjadi salah satu agenda dalam perjalanan study visit kali ini.
 
Lebih lanjut Indriani MSc menjelaskan aktifitas yang dilakukan cukup padat, yaitu kuliah dan praktik di Shiriraj Hospital tentang Thai Tradisional Medicine di Fakultas Kedokteran MU,    seminar dan workshop tentang “Academic writing for International Publication” di  Faculty of Graduate Study, kuliah umum tentang “Maternal health System di Thailand and practice” di Faculty of Nursing, mengikuti kuliah umum tentang Women’s Health di Sea Jungtion, dan mengikuti International Conference dengan tema Improving Health and Well-being for Better Society di Institut of Population Social Reaserch (IPSR) di Mahidol University. Dua (2 orang) mahasiswa S2 Kebidanan (Septi Indah Permata Sari dan Hayuning Tiyas) berhasil meraih Best Oral Presentation dan satu (1 orang)  mahasiswa S1 Fisioterapi UNISA (Tria) yang lolos dalam oral presentasi di Seminar Internasional yang digelar oleh Mahidol University Thailand.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.