Dosen Psikologi UNISA Berkontribusi Dalam Penanganan Covid-19

Sesuai dengan visi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) sebagai kampus berwawasan kesehatan, UNISA menyadari betul bahwa pandemi covid 19 ini adalah masalah kesehatan yang perlu dicegah dan dilakukan penanganan bersama-sama. Dengan dilandasi spirit Al Maun, UNISA telah melakukan berbagai program sebagai respon aktif UNISA dalam upaya pencegahan penyebaran virus covid-19. Salah satunya saat ini dosen Psikologi UNISA berpartisipasi menjadi relawan untuk penanganan covid-19

Dosen Psikologi UNISA, Ratna Yunita Setyani Subarjo, M.Psi. Psikolog, yang saat ini menjadi koordinator Layanan Dukungan Psikososial (LDP) Muhammadiyah Covid 19 Command Center (MCCC), mengatakan bahwa para dosen psikologi sering terlibat dan berkontribusi menjadi relawan psikososial seperti relawan merapi, relawan SMP  Turi, relawan SLB Bantul dan lainnya.  Saat ini beberapa dosen juga terlibat dalam penanggulangan wabah covid-19.

Kontribusi dosen psikologi UNISA menjadi relawan psikososial didasari ini bentuk kepedulian terhadap masyarakat  di tengah pandemi virus Corona.  Masyarakat yang memiliki kecemasan-kecemasan ini dinilai  Ratna Yunita, membuat masyarakat tertekan. Rasa tertekan dapat membuat stres. Stres yang disikapi dengan negatif akan memberikan respon negative pada tubuh yang secara psikis akan mengakibatkan masalah hingga gangguan psikologis. Sedangkan secara fisik, dapat  muncul beberapa keluhan seperti sakit kepala/migren, perut sakit seperti mag, badan sakit dan pegal hingga tekanan darah tinggi dan lainnya.

Karena psikis sangat mempengaruhi fisik, maka ia ibarat daya tahan bagi diri kita. Daya tahan terhadap stress yang tidak baik akan mengakibatkan imun kita menjadi buruk, sehingga kita akan mudah sakit.

Harapannya,melalui layanan psikologi daring ini dapat memberikan sumbangsih mengurangi beban  warga dalam menghadapi situasi krisis akibat wabah covid 19 ini.

Layanan konsultasi online di tingkat regional dosen psikologi UNISA Ratna Yunita bersama Zahro Varisna Rohmadani bergabung dengan Ikatan Psikolog Klinis (IPK) DIY. Sedangkan di tingkat nasional mereka dan tim dosen Psikologi keseluruhan bergabung dalam Muhammadiyah Covid 19 Command Center (MCCC).

Nita mengatakan bagi warga yang ingin berkonsultasi dapat menghubungi admin LDP MCCC melalui no WhatsApp 0878-3885-8381 (Nita), 0878-9469-6641 (Dewi) dan 0882-1661-8700 (khotim) kemudian mengisi form yang disediakan.Setelah mengisi form, konfirmasi ke admin dan selanjutnya admin akan menghubungkan warga dengan psikolog yang bertugas sesuai jadwalnya melalui kontak Whatsapp.