Skip to main content
PMB UNISA
Mahasiswa S2 berkunjung ke Thailand

Mahasiswa S2 Kebidanan UNISA International Practice Project di Thailand

Mahasiswa S2 Kebidanan UNISA International Practice Project di Thailand

Sebanyak 25 mahasiswa S2 Kebidanan Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta melakukan kegiatan di Mahidol University Thailand tanggal 3-13 Maret. Kegiatan ini merupakan  International Practice Project (IPP) yang termasuk dalam modul pembelajaran yang harus ditempuh  bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa S2 Kebidanan (UNISA).

Menurut Ketua Program Studi S2 Kebidanan, Prof. dr. M. Hakimi, SpOG (K)., Ph.D. kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sistem pendidikan dan pelayanan kebidanan di Thailand, peningkatan status kesehatan dan kualitas pelayanan kesehatan perempuan melalui pelatihan publikasi ilmiah terindex, Health Technology Assessment (HTA) dalam layanan kebidanan center of excellent Siriraj Hospital/ Mahidol University serta perbedaan budaya dalam pelayanan kebidanan/ kesehatan reproduksi di Thailand.

Misi penting lainnya adalah meningkatkan jejaring internasional  antara UNISA dengan beberapa fakultas di Mahidol. Pembicaraan implementasi MoU dengan Nursing Faculty dan pengembangan kegiatan MoU dengan Physical  Therapy yang akan diperpanjang tahun 2019.

Dalam kegiatan ini turut serta David Sulistiawan Aditya, S.Pd., M.A (Kepala Biro Kerjasama dan Urusan Internasional), Andari Wuri Astuti, Ph.D (dosen S2 Kebidanan UNISA) dan Indriani MSc (Koordinator Kerjasama Internasional UNISA). Pertemuan dengan Dekan Nursing Faculty (Dr. Yajai Sitthimongkol) untuk membahas implementasi MoU antar universitas dan dengan Dekan Physical Therapy (Assoc. Prof.Dr. Rongtiwa Vachalathiti) beserta International Office Relation dalam pengembangan MoU yang sudah terjalin

Lebih lanjut David menjelaskan aktifitas yang dilakukan cukup padat, yaitu kuliah dan praktik di Shiriraj Hospital tentang Thai Tradisional Medicine di Fakultas Kedokteran Mahidol University,    seminar dan workshop tentang “Workshop Publikasi Ilmiah terindex Google Scholar dan DOAJ” di  Faculty of Nursing  Mahidol University, serta International Conference tentang publikasi mahasiswa.

Kegiatan IPP ini akan dilakukan menjadi dua gelombang, gelombang kedua akan dilaksanakan bulan April di Taiwan dan akan diikuti 25 mahasiswa S2 Kebidanan.

 

Mahasiswa S2 berkunjung ke Thailand
Mahasiswa S2 berkunjung ke Thailand
QR Code